get app
inews
Aa Read Next : Langkah Preventif Desa Wanajaya Garut Cegah Stunting Berikan PMT Pada 21 Balita

Pencarian Kasus Stunting Sesuai Instruksi Dari Pimpinan Daerah, Kami Turun Langsung ke Lapangan

Kamis, 09 Juni 2022 | 11:26 WIB
header img
Sekmat Pamulihan, Deni Sugiani, di kantor kecamatan Pamulihan.

GARUT, iNews.id  Dalam rangka mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Pemerintahan Kecamatan Pamulihan telah melaksanakan kegiatan pencarian kasus stunting sesuai instruksi dari pimpinan daerah.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Pamulihan, Kabupaten Garut, Deni Sugiani, saat dikonfirmasi oleh wartawan di kantor kecamatan setempat, Rabu (8/6/2022).

"Alhamdulillah di Kecamatan Pamulihan sesuai dengan intruksi bupati tentunya di Kecamatan Pamulihan telah melaksanakan kegiatan pencarian stunting, tentunya di wilayah pemulihan kebetulan ada dua puskesmas yaitu Puskesmas Pamulihan dan Puskemas Cisandaan.

Ia menyampaikan, semua petugas termasuk mungkin yang ada di tiap-tiap posyandu ikut berperan aktif, yang pertama terkait berperan aktif melakukan sosialisasi terkait yang mempunyai balita untuk pelaksanaan pencarian kasus stunting.

"Alhamdulillah sesuai dengan hasil edukasi, sosialisasi, dari para pihak yaitu tentunya di tiap desa, alhamdulillah antusias untuk datang ke tempat posyandu dan sesuai dengan harapan pimpina. Tentunya hasil dari pada kegiatan pencarian stunting di tingkat Kecamatan Pamulihan kompak untuk melakukan monitoring sekaligus sosialisasi," papar Deni.

Kemudian, ia menerangkan, di Kecamatan Pamulihan di minggu pertama itu dari balita-balita yang tentunya sesuai dengan kriteria harus ditimbang ataupun pengukuran datang semua ke tempat pelayanan, yakni di posyandu dan di tingkat Kecamatan Pamulihan.

"Dengan minggu pertama kaitan masalah stunting tentunya itu kan pertama harus ditentukan dulu kriteria masalah fasilitas, masalah ukuran, dan timbangan. Alhamdulillah sesuai dengan apa yang disampaikan ke puskesmas-puskesmas itu harus melakukan kegiatan yaitu menentukan kaitan masalah fasilitas yang layak untuk digunakan," tuturnya.

Ia berharap, semoga seluruh pihak yang ada di Kecamatan Pamulihan  mudah-mudahan sehat semuanya tentang kaitan masalah pencarian stunting sesuai dengan harapan pimpinan dan keakuratan data.

Ia menambahkan, pihaknya dari Kecamatan Pamulihan bersama  pihak puskesmas, akan berangkat untuk melakukan monitoring kegiatan pencarian stunting di Desa Garumukti dan Desa Linggarjati.

"Pada kesempatan ini perlu kami sampaikan bahwa sesuai dengan minggu pertama, minggu pertama di Kecamatan Pamulihan yaitu 4 Juni 2022, jumlah sasaran balita 425 orang, tentunya jumlah pengukuran minggu pertama yaitu 354 orang, yang kedua tentunya persentase pengukuran minggu pertama itu 83,1 persen," tandasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut