Momentum Idul Adha 1443 H, Bupati Garut: Saya Berpesan Tingkatkan Hablumminannas dan Ukhuwah

Dindin
Pelaksanaan Salat Idul Adha 1443 H/ 2022 M di Masjid Agung Garut, Minggu (10/7/2022).

GARUT, iNews.id Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengajak seluruh warga masyarakatnya untuk meningkatkan ukhuwah islamiyyah (persaudaraan sesama islam), meningkatkan kualitas hablumminannas (hubungan baik dengan sesama), serta meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Hal itu disampaikan Rudy Gunawan saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan Salat Idul Adha 1443H/2022M di halaman Masjid Agung Garut dan Alun-Alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (10/7/2022).

"Saya juga berpesan kepada seluruh warga Garut, ayo kita dalam rangka meningkatkan habluminannas kita, ukhuwah islamiyah kita, sekali lagi kita pererat, saling berpegangan tangan," ucap Bupati Garut.

Bertindak selaku imam Salat Ied yaitu KH. Muhammad Supina dari Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatul Faizien, dan khotib oleh KH. Ahmad Thontowi Jauhari dari Ponpes Luhur Al-Wasilah.

Selanjutnya, Rudy mengungkapkan bahwa sehubungan dengan adanya perbedaan dalam waktu pelaksanaan Salat Ied di tahun ini, menurutnya hal itu tidak perlu dipermasalahkan karena semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu ketaatan kepada Allah SWT.

"Kita semua taat terhadap ajaran ajaran-ajaran yang disampaikan oleh Rasulullah SAW, perbedaan itu tidak mengartikan kita adanya sesuatu perbedaan, tetapi kita melaksanakan ini demi melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT," tuturnya.

Berkaitan dengan hal itu, Rudy juga menegaskan bahwa berita-berita yang mengatakan intoleransi di Kabupaten Garut tidaklah benar. Ia mengatakan warga Garut saat ini tetap beranggapan bahwa rahmatan lillalamin menuju surganya Allah tetap berpegang kepada Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah.

"Saya berkeyakinan ulama-ulama di Kabupaten Garut dari Nahdatul Ulama, dari Muhammadiyah, dari Persis, dari ormas-ormas Islam lainnya, akan mampu menyingkirkan hal-hal yang memperburuk citra Kabupaten Garut," katanya.

Pihaknya bekerja sama dengan TNI/Polri melakukan langkah-langkah konkret untuk menangkal paham intoleransi dan radikalisme yang ada di Kabupaten Garut.

"Kita bertauhid, kita beribadah hanya kepada Allah, dan kita meminta pertolongankepada Allah, kita ini adalah hamba, kita tidak punya daya dan kekuatan selain bersumber dari Allah," imbuh Rudy.

Sementara itu, KH. Ahmad Thontowi Jauhari Musaddad, dalam khutbahnya menyampaikan terkait kemualiaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia, yang dimana dalam salah satu penjelasannya bahwa iman seorang manusia lebih mahal dibanding bumi seisinya, keselamatan jiwa seorang manusia lebih mahal dibanding emas sebesar bumi, dan harga waktu lebih mahal dari bumi seisinya.

Seusai penyelenggaraan Salat Idul Adha 1443 Hijriah, Bupati Garut melakukan penyerahan hewan kurban kepada Dewa Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Garut.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network