Akar Wangi dan Kerajinan Kulit, Produk IKM Garut yang Ikutserta Dalam Pameran di Malaysia

Dindin Ahmad S
Nusantara Music dan Johor Food Festival 2023 stand Kabupaten Garut yang berisi produk kerajinan akar wangi hingga kulit, Jum'at - Minggu, tanggal 3 - 5 Maret 2023. (Foto Istimewa).

GARUT, iNewsGarut.id – Produk Industri Kecil Menengah (IKM) yang merupakan binaan Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Garut dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Garut, diikutsertakan dalam Pameran bertajuk Nusantara Music dan Johor Food Festival 2023, yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 3 - 5 Maret 2023 di Stadium Tertutup Majlis Bandaraya Pasir Gudang, Johor, Malaysia.

Ketua Umum (Ketum) Dekranasda Garut, Diah Kurniasari, mengatakan bahwa pihaknya berpartisipasi pada acara tersebut dengan memamerkan produk berupa kerajinan akar wangi hingga kerajinan kulit dari para pelaku IKM Kabupaten Garut.

Menurut Diah, Kabupaten Garut dikenal sebagai daerah penghasil akar wangi kualitas nomor satu di Indonesia. Biasanya tanaman akar wangi hanya diolah untuk menghasilkan minyak atsiri akar wangi (vetive oil). Namun, pelaku IKM di Kabupaten Garut mampu menyulapnya menjadi kreasi bernilai tinggi, seperti hiasan dinding, tas, dompet, dan peralatan lainnya.

"Sehingga tak heran, akar wangi menjadi salah satu produk yang dipamerkan di pameran yang dilaksanakan di negeri jiran Malaysia ini," kata Ketua Dekranasda Garut dalam keterangannya, Selasa (7/3/2023).

Sementara itu, kerajinan kulit Garut juga memang sudah terkenal baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan, kerajinan kulit khas Garut pernah berpartisipasi di event penyamakan kulit berskala internasional yakni Lineapelle Leather Fair Tahun 2022 di Milan, Italia.

Hal tersebut, kata Diah, membuat kerajinan kulit Garut mendapatkan banyak apresiasi dan kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi. Ada berbagai produk olahan berbahan dasar kulit ini, mulai dari jaket, sepatu, tas, hingga dompet.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network