Ketahui Lebih Dekat, 6 Batik dari Jawa Beserta Maknanya, Salah Satunya Batik Garutan

Hendrik Prima
Batik Garutan Yang Memiliki Corak Motif Memaknai arti keindahan Serta Keluruhan Kehidupan Alam Dunia. Foto (Okezone)

GARUT, iNewsGarut.id – Keanekaragaman budaya tidak terlepas dengan warisan dari nenek moyang. Salah satunya budaya yang paling terkenal di Indonesia yaitu batik. Tak bisa dipungkiri, batik adalah salah satu wastra tradisional yang paling tersohor baik di kancah dalam negeri maupun mancanegara.

Batik sebagai Wastra tradisional, dimiliki oleh berbagai daerah di Indonesia. Berbagai ragam corak menjadikan ciri khas tersendiri. Setiap daerah memiliki motif khas dan maknanya masing-masing. Salah satunya motif -motif batik Jawa.

Ingin tau batik apa saja yang ada di Jawa Barat beserta maknanya, dirangkum dari berbagai sumber.

Berikut 6 motif batik khas Jawa beserta maknanya.

1. Batik Parang Kusumo

Batik yang satu ini sudah dikenal banyak orang dengan ragam motifnya, motif dari Batik ini disebutkan mempunyai makna yang menggambarkan bahwa yang namanya hidup harus disertai dengan perjuangan untuk mencari keharuman baik secara fisik maupun jiwa, keharuman itu ibaratnya keharuman bunga (Kusuma).

2. Batik Ceplokan

Batik ini mempunyai bentuk pola ceplok yang sangat kuno, bentuknya polanya menyerupai bentuk buak Kawung (buah atap atau buah aren) yang dibelah empat. Di keempat bagian buah bersama bagian tengahnya itu disebutkan untuk melambangkan empat arah (penjuru) utama dalam agama Budha.

3. Batik Sekar Jagad

Motif batik sekar Jagad berasal dari jogjakarta dan solo. Batik ini digambarkan memiliki makna menggambarkan hubungan manusia dengan Sang Pencipta, manusia dengan alam, dan juga manusia dengan manusia.

Selain itu, lebih lanjut, motif batik ini juga disebutkan menyimpan pesan kearifan lokal suatu masyarakat tertentu. Motif ini penuh makna dan filosofi yang berisikan ajaran moral yang dimana ajaran tersebut menuntun manusia ke arah keluruhan.

Inti makna dari yang disampaikan corak Sekar Jagad ini adalah keanekaragaman di semua tempat.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network