Juru Sembelih Hewan di Garut Ikuti Bimtek JULEHA, Helmi : Agar Bersertifikasi Halal dan Profesional

Dindin Ahmad S
Bimbingan Teknis (Bimtek) Juru Sembelih Halal (JULEHA) yang dilaksanakan di Aula Diskanak Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (23/5/2023).Foto Istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Wakil Bupati (Wabup) Garut, Helmi Budiman, mengungkapkan bahwa juru sembelih hewan di Garut diikutsertakan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Juru Sembelih Halal (JULEHA) agar menjadi juru sembelih bersertifikasi halal dan profesional.

"Nah sekarang kita perbanyak sehingga masyarakat mudah untuk mencari yang profesional dalam hal penyembelihan," ujar Wabup Garut dalam acara Bimtek JULEHA yang berlangsung di Aula Diskanak Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (23/5/2023). 

Kegiatan tersebut digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) yang bekerja sama dengan DPD JULEHA Garut. Diselenggarakannya kegiatan ini agar dalam proses penyembelihan hewan itu baik dan benar, sehingga juru sembelih hewan di Garut meraih sertifikasi halal.

Bimtek JULEHA dilaksanakan selama dua hari, yakni dari tanggal 23-24 Mei 2023. Kegiatan ini juga merupakan salah satu persiapan menjelang Hari Raya Idul Adha, terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan penyembelihan hewan ternak.

Para peserta yang mengikuti pelatihan ini nantinya diharapkan dapat menjadi juru sembelih yang profesional. Sehingga akan selalu siap apabila dipanggil atau diminta oleh masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk penyembelihan hewan ternak.

Senada dengan Helmi Budiman, Kepala Diskanak Garut, Sofyan Yani, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah jumlah juru sembelih hewan halal di Kabupaten Garut. Sehingga nantinya bisa dipersiapkan untuk kebutuhan menghadapi Hari Raya Idul Adha ataupun kebutuhan sehari-hari.

"Nah itu diikuti oleh (peserta dari) 14 kecamatan, dari masjid besar ada 14 kecamatan, dan dari ormas keislaman, baik itu dari NU, Muhammadiyah, Persis, (dan yang lainnya)," ucap Sofyan Yani.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network