Fakta Menarik Situ Ranca Hideng Cihurip Ada Mitosnya

Indra Sanjaya
Situ Rancahideung di Sesa Cihurip, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Foto : iNewsGarut.id/Indra Sanjaya.

GARUT, iNewsGarut.id – Situ (Waduk) Ranca Hideung terletak di kampung Sukalila, Desa Cihurip, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, selain ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar kota, ternyata situ ini menyimpan mitos.

Situ Rancahideung memiliki cerita konon katanya, bahwa siapapun yang datang dan berprilaku dengan jujur maka akan jadi pejabat atau naik pangkat. 

"Akan tetapi sebaliknya, jika datang atau memiliki niat dan berprilaku tidak jujur dan memiliki niat jelek atau tidak baik maka akan mendapatkan karir yang jelek, bahkan bisa kehilanagan pekerjaan atau tidak lancar dalam berkarir," kata Yadi warga Cihurip, Minggu (3/12/2023).

Lanjut Yadi, banyak orang yang datang kesini untuk nyiar cai (Syareat air dari sini) tentunya dipandu Kuncen (Juru Kunci) atau ahli Hikmah,” ujarnya.

Selain terkenal denagan mitos atau cerita rakyatnya, Situ Ranca Hideung ini, airnya tidak pernah  kering sekalipun kemarau panjang. Air dari situ ini justru dimanfaatkan warga untuk irigasi pertanian hingga mengairi kolam.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network