Pentingnya Arsip Sebagai Bagian Tak Terpisahkan Dari Kehidupan Manusia dan Lembaga

Hendrik Prima
Sosialisasi perlindungan dan penyelamatan arsip akibat bencana di lingkup pemerintah Kabupaten Garut. Foto istimewa.

Totong menjelaskan bahwa arsip menghadapi berbagai ancaman, baik dari faktor alam, kimia, fisika, maupun manusia. Mengingat Kabupaten Garut merupakan daerah rawan bencana alam, pengolahan arsip harus disesuaikan dengan kondisi tersebut. 

"Berbagai ancaman terhadap keselamatan dan keamanan arsip dapat muncul dalam berbagai genre, baik karena faktor alam, kimia, fisika, maupun manusia," jelasnya.

Maka dari itu, ia mengingatkan kepada ASN di lingkungan Pemkab Garut untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam melindungi dan menyelamatkan arsip baik fisik maupun informasi yang terekam di dalamnya, jika terjadi bencana di wilayah masing-masing.

"Sehingga diharapkan, arsip terdampak bencana dapat kembali di lingkungan kerja masing-masing, dapat kembali dengan baik dan memberikan manfaat di kemudian hari," tambahnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari 33 SKPD dan 42 kecamatan. Kepala Bidang Perlindungan dan Penyelamatan Arsip Dispusip Kabupaten Garut, Ayssyjah Noor Fadillah Mulja, berharap sosialisasi ini dapat meminimalisir kerusakan arsip akibat bencana, sehingga arsip dapat cepat tertangani dan terselamatkan.

Editor : ii Solihin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network