Petugas Gabungan di Garut Operasi Over Dimensi dan Over Load Kendaraan Sumbu 3

Hendrik Prima
Petugas gabungan operasi gabungan kendaraan sumbu 3 di jalur arteri Kadungora Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima

GARUT, iNewsGarut.id – Dalam upaya mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh kelebihan muatan pada kendaraan sumbu tiga, jajaran Dishub Kabupaten Garut bekerja sama dengan Dishub Provinsi, Kementrian Perhubungan, serta Satlantas Polres Garut melakukan kegiatan operasi penindakan over dimensi dan overload.

Kegiatan operasi penindakan over load dan over dimensi ini dilaksanakan di jalan baru Kadungora, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut pada Rabu, (26/6/2024).

Penguji penyelia pada Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Asep Ridwan mengatakan jika dari over load atau over dimensi ini akan ada dua dampak yang diakibatkan.

Ia menyebutkan yang pertama dampaknya adalah pada keselamatan berkendaran." Dari segi safety yang mana kalai over dimensi atau over load itu jelas safetynya akan berkurang," ucapnya.

Asep menjelaskan jumlah berat yang diperbolehkan pada mobil colt diesel itu pada kisaran 70.000 sampai 80.000 kg namun pada kenyataanya banyak kendaraan yang memuat sampai 10.000-15.000 kg.

Hal tersebut tentu akan sangat membahayakan dari segi tekni kelebihan berat ini akan berdampak pada kemampuan daya rem." Akibatnya banyak yang mengalami rem blong dan sebagainya," katanya.

Selain dampak keselamatan dampak lain juga akan ditimbulkan seperti halnya berpengaruh terhadap ketahan jalan.

Yang biasanya jalan bisa kuat 5 sampai 10 tahun karena banyak kendaraan yang over load dan over dimensi ini banyak jalan yang hanya bertahan 4 sampai 5 tahun saja.

Dari hasil pemeriksaan terhadap 30 lebih kendaraan 90 persennya melanggar ketentuan berat pengangkutan." Daro 30 kendaraan ini 90 persen melanggar dari ketentuan daya angkut," katanya.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network