Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Garut Bersih-Bersih Sungai Cikendi

Hendrik Prima
Pemkab Garut bersama masyarakat bahu membahu dalam membersihkan aliran Sungai Cikendi yang berlokasi di Kelurahan Sukamenteri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Garut, Jujun Juansyah, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Kabupaten Garut. 

Jujun menegaskan bahwa acara ini tidak hanya seremonial, tetapi akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan, khususnya di area Sungai Cikendi. Sekitar 100 personel dari berbagai stakeholder terlibat dalam acara ini.

"Tentu saja ini sudah kita bicarakan di tingkat Forkopimcam termasuk kelurahan bagaimana setelah aksi ini kita melakukan upaya-upaya edukasi dan antisipasi atau mitigasi terkait bagaimana supaya masyarakat tidak lagi buang sampah ke sungai," ucap Jujun.

Jujun menambahkan, aliran Sungai Cikendi sepanjang 3,5 km, mulai dari Cirumput, Desa Kota Kulon, hingga Kelurahan Sukamenteri di Sungai Cimanuk, akan menjadi fokus upaya pembersihan dan edukasi agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai.

"Nah nanti ini akan dibuatkan komitmen dan kita fasilitasi peralatan sarana prasarana untuk bisa melakukan upaya bagaimana supaya masyarakat tidak lagi sampah membuangnya ke sungai lagi, itu demikian," tutup Jujun.

Editor : ii Solihin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network