Inovasi Huller Bahan Bakar Gas Karya Penyuluh Jadi Solusi Untuk Petani Padi di Garut

Hendrik Prima
Inovasi Huller bahan bakar gas karya penyuluh jadi solusi untuk petani padi. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Kabupaten Garut terkenal sebagai lumbung padi. Kesuburan tanah dan dedikasi para petani telah menjadikan Garut sebagai salah satu penghasil padi terbesar di provinsi Jawa Barat.  

Namun, di balik prestasi tersebut, terdapat masalah yakni proses panjang yang dilalui para petani dalam mengolah padi menjadi beras, salah satu proses yang memakan waktu dan tenaga adalah proses penggilingan padi, yang secara tradisional dilakukan dengan cara ditumbuk atau digiling dengan mesin besar.  

Di sinilah peran teknologi mesin mini "huller" menjadi penting. Mesin huller memiliki peran krusial dalam penggilingan beras. Teknologi penggilingan sangat menentukan kualitas dan kuantitas beras yang dihasilkan. 

Mesin huller digunakan untuk mengupas kulit gabah setelah proses pengeringan. Proses ini memisahkan beras dari kulit luar dan memastikan beras yang dihasilkan berkualitas tinggi.oleh karena itu, pengembangan teknologi mesin huller menjadi terobosan penting untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penggilingan beras di Kabupaten Garut.

Achmad Nasir Ginanjar seorang penyuluh Dinas Pertanian Garut yang menginspirasi telah menciptakan inovasi luar biasa yakni mesin mini "huller" portable padi berbahan bakar gas. 

Menurut Ginanjar, Mesin mini huller yang dia kembangkan ini memiliki beberapa keunggulan yang patut diperhatikan diantaranya :

1.Efisiensi Bahan Bakar: Mesin ini menggunakan bahan bakar gas LPG 3 kg, yang lebih hemat dan mudah ditemukan di kalangan masyarakat1. Dengan satu tabung gas, mesin dapat menggiling gabah selama 3,5 jam.

2.Kapasitas Produksi: Mesin ini mampu menghasilkan gilingan beras sebanyak 400 kg dalam waktu yang relatif singkat.

Editor : ii Solihin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network