HMI STAIPI Garut Sukses Selenggarakan Semaksi Hadirkan Sejumlah Tokoh Pergerakan

Hendrik Prima
Pelaksanaan acara Sekolah Manajemen Aksi, yang dilaksanakan oleh HMI Komisariat STAIPI Garut. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Sekolah Tinggi Agama Islam Persis (STAIPI) Garut sukses menyelenggarakan Sekolah Managemen Aksi (Semaksi) pada tanggal 3-5 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kader HMI se-Kabupaten Garut dan menghadirkan sejumlah tokoh pergerakan sebagai narasumber.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Sail Ma'arij, menyatakan, Semaksi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kritis kader HMI dalam menganalisis dinamika pergerakan di Kabupaten Garut yang dinilai semakin melemah.

"Semaksi ini merupakan media pembelajaran untuk meningkatkan daya kritis seorang kader akan pergerakan di Kabupaten Garut, yang hari ini sedang melemah dan itu akan digerakkan oleh para kader HMI Komisariat STAI Persis Garut. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kami," ujar Sail, Senin (5/8/2024).

Ia berharap Semaksi dapat membawa dampak positif bagi setiap kader HMI Komisariat STAIPI Garut.

Senada dengan Sail, Muthia Khoirun Nisa, Ketua Umum Kohati Komisariat STAI Persis Garut, juga menekankan pentingnya kegiatan ini dalam meningkatkan kesadaran kader akan peran dan tanggung jawab mereka dalam memajukan masyarakat.

Muthia mengapresiasi semangat para kader yang aktif berpartisipasi dalam diskusi dan kajian isu-isu terkini. "Saya sangat mengapresiasi para kader komisariat yang masih menjaga nilai-nilai diskusi dan berbagai kegiatan bernuansa keilmuan," ucapnya.

Tema yang diusung dalam Semaksi ini adalah "Terbinanya Kader HMI yang Kritis, Sadar akan Fungsi dan Perannya terhadap Efektivitas Pergerakan Saat Ini".

Ia mengungkapkan, selama kegiatan berlangsung, para narasumber berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai sejarah pergerakan mahasiswa serta tantangan yang dihadapi saat ini. Peserta diajak untuk merenungkan peran penting mahasiswa dalam mendorong perubahan positif di Indonesia.

"Alhamdulillah acaranya bisa berjalan dengan lancar, para kader komisariat juga terlihat bergembira, karena bukan hanya menyampaikan materi saja, namun dibarengi dengan kajian isu kedaerahan yang sangat penting," tandasnya.

Muthia menambahkan bahwa kegiatan Semaksi ini akan sering dilakukan oleh para kader komisariat, dengan harapan ke depannya dapat terselenggara acara yang lebih besar lagi, seperti Semaksi jilid dua.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network