Lomba Pungut Sampah Meriahkan HUT RI ke-79, Seorang Anak Yatim di Garut Dapat Sepeda Listrik

Hendrik Prima
Lomba jalan santai sambil memungut sampah plastik dalam rangka HUT RI ke-79. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79, pemuda -pemudi Kampung Babakan Loa RW 08, Kelurahan Desa Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat, menyelenggarakan jalan sehat sambil memungut sampah plastik di sepanjang jalan, Minggu (18/8/2024).

Kegiatan itu pun mendapat dukungan dari Anggota DPRD Garut Fraksi PDI-Perjuangan Dapil 1 Yudha Puja Turnawan. Dimana, ia menyediakan berbagai hadiah dan door prize pada perlombaan jalan santai sambil memungut sampah plastik.

"Sebagai anggota DPRD dapil satu yang berkewajiban ikut berkontribusi dalam kegiatan yang sangat positif ini. Bahkan akan ada rencana gelar budaya karena kampung babakan loa ini ada padepokan silat, ada padepokan berbagai kesenian sunda. Saya mendukung penuh kegiatan ini dalam rangka HUT RI ke-79,"kata Yudha.

Pada lomba jalan santai sambil memungut sampah plastik, seorang anak yatim Defa Adnan keluar sebagai juara dan mendapatkan sepeda listrik dari Anggota DPRD Garut Yudha Puja Turnawan.

"Saya dapat informasi, Defa Adnan seorang anak yatim dapat door prize sepeda listrik. Saya ucapkan selamat kepada adik Defa, semoga hadiahnya bermanfaat,"ujarnya.

Nampak seluruh warga Kampung Babakan Loa ikut jalan sehat dan ikut memungut sampah plastik sepanjang rute jalan sehat. Setelah ditimbang terkumpul 102 kilogram sampah plastik yang disumbangkan ke warga babakan loa yang bekerja sebagai pemulung. 

"Sepanjang rute memang banyak sampah plastik baik di jalanan maupun di selokan saluran drainase, bahkan selokan depan kantor Bupati Garut juga banyak sampah botol plastik. Hal ini membuat kita prihatin karena masih ada sebagian dari kita yang buang sampah sembarangan,"ungkapnya.

Menurutnya, gerakan pungut sampah plastik juga bagian dari ikhtiar untuk mengedukasi warga agar jangan buang sampah sembarangan terutama sampah plastik yang butuh ratusan tahun untuk terurai.

"Alhamdullilah banyak anak anak kecil yang antusias juga memungut sampah plastik, semoga tertanam kuat di benak mereka agar bisa jadi aktor utama menjaga lingkungan mereka,"ucapnya.

Tidak hanya itu, Anggota DPRD Garut Yudha Puja Turnawan pun memberikan bingkisan untuk semua RT Kampung Babakan Loa, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong kidul, yang mengikuti jalan santai sambil memungut sampah plastik dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network