Sejumlah Sekolah di Garut Rusak Akibat Gempa Diperbaiki Pihak Swasta

Hendrik Prima
Sekolah yang terdampak gempa bumi dibangun kembali. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima

Garut, iNewsGarut.id – Sejumlah sekolah yang terdampak gempa Bandung, beberapa waktu lalu mulai dibangun kembali. Namun, pembangunan tersebut dilakukan oleh pihak swasta. Jenis perbaikan dilakukan dengan pembangunan ruang kelas baru. 

Dimana, pembangunan dilakukan secara bertahap bagi sekolah - sekolah negeri maupun madrasah yang hancur maupun retak - retak usai terdampak gempa. Beberapa sekolah yang sudah mulai diperbaiki yakni sekolah yang berada di wilayah Desa Barusari, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat

"Alhamdulillah, kerisauan warga kami untuk mengenyam pendidikan sedia kala segera terwujud. Maka dari itu, saya selalu kepala desa di Barusari mengucapkan banyak Terima kasih pad a pihak swasta yang telah mengalokasikan dana CSR nya untuk perbaikan sekolah dj wilayah kami," Ungkap Gunawan, Jum'at (11/10). 

Ia juga menyebut, proses pembongkaran bangunan dan pembersihan material dibantu oleh masyarakat sekitar sekolah, petugas BPBD, unsur TNI-Polri dan Tagana. Kata Gunawan juga, untuk perbaikan sekolah tahap pertama dilakukan di SDN Barusari III. Dimana, akibat gempa kemarin sekitar tiga ruang kelas kedapatan rusak parah, sehingga menjadikan proses KBM tidak nyaman bagi para pelajar. 

"Rencananya, kontruksi bangunan sendiri akan dikonsep infrastruktur anti gempa," ujar Gunawan. 

Sejumlah sekolah lain yang juga akan diperbaiki melalui anggaran yang sama. Serta, pembangunan dilakukan mulai dari nol. Diketahui, pemerintah sendiri dalam upaya pemulihan pasca gempa telah menggelontorkan alokasi anggaran berupa stimulan melalui kebijakan PJ Bupati Garut kepada para korban sebesar Rp 500 ribu per rumah.

Editor : ii Solihin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network