get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Ciptakan Aplikasi Mere, Pemuda Asal Garut Ini Ikuti Lomba Youth Innovation Hunt

Minggu, 19 Juni 2022 | 05:10 WIB
header img
Fathir Agung Cahya penggagas inovasi aplikasi bernama Mere di Kantor Diskominfo Garut.

GARUT, iNews.id  Seorang pemuda Garut bernama Fathir Agung Cahya (17)  hadirkan salah satu inovasi yang membuat sebuah aplikasi bernama Mere (Metakeun Rerencangan). Mere ini berbentuk sebuah aplikasi yang nantinya diharapkan mampu menyediakan sebuah data anak-anak dari prasejahtera.

"Di aplikasi itu ada bisa muncul kayak google maps, tapi yang muncul itu bukan tempat makan atau restoran atau hotel, tapi anak-anak dari keluarga prasejahtera gitu. Nah kami harap para donatur bisa membantu secara langsung tanpa ada perantara, jadi bisa langsung dan dananya tersalurkan," kata Fatir dalam sesi wawancara, di Kantor Diskominfo Garut, Senin Lalu.

Ia mengatakan, awal mula tercetus aplikasi Mere ini ketika dirinya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang dimana pada waktu itu Kabupaten Garut dilanda banjir bandang, dan banyak teman-temannya yang terkena dampak banjir tersebut.

"Terus bikin ini apa ya nama yang lucu terus ada kakak kelas saya juga (memberikan opsi) gimana kalau mere, kenapa mere? Karena kan kita orang sunda bagus mere, artinya juga bisa (berakronim) metakeun rerencangan, jadi pilihan kata mere itu kata lucu pada awalnya," ungkapnya.

Mengenai aplikasi Mere ini, imbuh Fatir, dirinya sudah mencoba melakukan pendataan di sebuah desa yang ada di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, ia menilai minat dari masyarakat pun mengenai aplikasi Mere ini responnya positif. Namun, meskipun mendapatkan respon positif, Fatir mengakui dirinya mengalami kesulitan untuk melakukan pendekatan ke masyarakat.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut