Tempat Piknik di Garut

Wandira Yusniah Dalimunthe
.
Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:55 WIB
Curug Sanghyang Taraje.(Foto:Ist)

GARUT, iNews.id -  5 tempat piknik di Garut dengan pemandangan alam yang mengagumkan, bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin liburan akhir pekan. 

Garut merupakan kota dengan segudang keindahan alam, dengan beragam panorama yang memanjakan mata. Tak heran, jika banyak wisatawan yang memilih untuk menghabiskan akhir pekannya di Garut.

Berikut 5 tempat piknik di Garut yang cocok untuk liburan akhir pekan:

1. Danau Cibereum Garut


Danau Cibereum Garut.(Foto:Ist)

Danau alami yang berada di kaki Gunung Kamojang , tepatnya di Kampung Legok Pulus, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Garut. Daya tarik dari Dalau Cibeurem terletak pada keasrian lingkungannya. Danau dengan ketinggian 2.124 mdpl ini tertutupi oleh area hutan pinus yang cukup rapat, air danau yang jernih, dan juga ketenangan yang bisa anda dapatkan dari tempat ini. 

Anda bisa memilih tempat piknik, di saung yang berada di tepi danau atau juga di area tanah yang datar. Menikmati kebersamaan sambil menyantap makanan di alam terbuka. Fasilitas dari tempat ini cukup lengkap dari mulai toilet, mushola, dan warung sudah tersedia disini. Terdapat pula villa sederhana yang tak jauh dari tepi danau. Lokasi Danau Cibereum berjarak sekitar 11 kilometer dari ibu kota Garut. Tempat ini buka setiap harinya 24 jam.  Harga tiket masuknya Rp10.000 per orang.

2. Curug Sanghyang Taraje
Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun, Sanghyang merupakan sebutan kehormatan untuk dewa/raja zaman dulu, sedangkan Taraje dalam bahas Sunda berarti tangga. Legenda dari warga sekitar, curug ini merupakan tangga yang digunakan oleh dewa-dewi menuju kayangan. Mungkin legenda tersebut ada karena Curug Sang Hyang Tarage memiliki keindahan alam yang begitu menawan. 

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, terdapat beberapa warung di gerbang masuk, ada juga beberapa gazebo dan tempat duduk disekitar air terjun, tetapi untuk toilet sendiri kondisinya masih tidak layak pakai. Tempat ini berlokasi si Desa Pakenjang, Kecamata Pamulihan, jarak tempuh dari kota Garut sekitar 50 kilometer. Harga tiket masuknya Rp 6.000 per orang. 
 
3. Kawah Talaga Bodas
Objek wisata yang bisa dijadikan tempat piknik di Garut berikutnya adalah Kawah Talaga Bodas. Tempat ini merupakan sebuah danau kecil yang terbentuk akibat meletusnya gunung ratusan tahun lalu. Kawahnya sendiri masih mempunyai aktivitas vulkanik, namun sudah tidak berbahaya dan aman dikunjungi. Tempat ini masih hijau dan rimbun karena berbatasan langsung dengan hutan. 

Lokasi  Kawah Talaga Bodas ini terletak di Wanajaya, Jalan Talaga Bodas No. 5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44183. Jarak tempuhnya  sekitar 28 kilometer dari Ibu kota Gurat. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00. harga tiket masuknya yaitu sekitar Rp 5.000 hingga Rp 8.000 per orang.

4. Karacak Valley


Karacak Valley.(Foto:Ist)

Karacak Valley merupakan tempat wisata yang berada di kaki Gunung Karacak. Kawasan yang dipenuhi dengan pepohonan pinus yang tinggi dan juga berjejer dengan rapi, dimanfaat sebagai kawasan wisata karena tempatnya yang asri dan menenangkan. Keindahan panoramanya sangat rekomended untuk dijadikan tempat relaksasi jiwa dan juga kepenatan dari akan aktivitas sehari-hari. 

Tempat ini juga bisa digunakan sebagai tempat berkemah, selain itu terdapat juga Curug Ngebul yang bisa kamu kunjungi. Lokasinya berada di alan Karacak Valley, Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk waktu tempuh yang di butuhkan ketika mengunjungi destinasi Karacak Valley kurang lebih 30 menit perjalanan. Tempat ibu buka setiap harinya. Untuk tiket masuknya seharga Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. 

5. Bukit Teletubbies Sayang Heulang Pemeungpeuk 


Bukit Teletubbies Sayang Heulang Pemeungpeuk.(Foto:Ist)

Bukit Telebubbies merupakan area perbukitan yang berada di Pantai Sayang Heulang. Untuk menuju lokasi bukit teletubbies anda harus memasusi kawasan pantai sayang heulang lalu mengambil jalur kiri, setelah ikuti saja jalur tersebut. Awalnya bukit ini merupakan sebuah lahan pertanian dengan luas kurang dari 1 hektar. Namun elihat potensi dari tempat ini, pemerintaha setempat menjadikan tempta ini sebagai objek wisata.

Hamparan ramput hijau diperbukitan ini bisa anda gunakan sebagai tempat piknik. Jika memiliki waktu luang anda juga dapat berkemah ditempat ini, sambil menikmati matahari terbenam.  Harga tiket masuknya dikenai biaya Rp 5.000 per orang. Lokasinya berada di Mancagahar, Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Itu dia 5 tempat piknik di Garut yang bisa menjadi reseferensi liburan Anda bersama orang-orang terkasih. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan!

Editor : Sazili Mustofa
Bagikan Artikel Ini