get app
inews
Aa
Read Next : Longsor di Banjarwangi Terjang Pemukiman Warga, 3 Orang Tertimbun

8 Sunah Hari Jumat: Baca Surah Al Kahfi, Bersolawat dan Memotong Kuku

Jum'at, 15 Oktober 2021 | 10:50 WIB
header img
Jumat Mubarok.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Hari Jumat atau Sayyidul Ayyam (raja/penghulu hari), merupakan hari yang penuh berkah. Untuk meraih berkah hari Jumat secara maksimal, bisa menunaikan sunah-sunahnya. Mulai dari membaca Surah Al Kahfi hingga bersih-bersih diri dan memakai wewangian.

Dengan mengerjakan sunah-sunah di hari Jumat berkah tersebut, bisa menambah ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, kemudian melestarikan apa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Berikut 8 amalan sunah di hari Jumat beserta dalil sahihnya, sebagaimana dihimpun dari laman Muslim.or.id, Jumat (15/10/2021).

1. Membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat dan hari Jumat


Surah Al-Kahfi.(Foto:Ist)

Hal ini berdasarkan riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat." (HR Imam Hakim dalam Mustadrok, dan beliau mensahihkannya)

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut