get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Pengrajin Bendera di Leles Sumringah Orderan Mulai Normal Ada Peningkatan

Selasa, 02 Agustus 2022 | 13:51 WIB
header img
Pengrajin di Kampung Bendera saat menjahit Kain yang akan dijadikan Bendera Merah Putih. Selasa (2/8/2022). Foto : iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNews.id Leles merupakan wilayah di Kabupaten Garut, Jawa Barat yang mayoritas masyarakatnya menjadi pengrajin Bendera. Salah satunya Leles menjadi Ikon Pengrajin Bendera dan beberapa waktu lalu diresmikan adanya Kampung Bendera Leles, Kabupaten Garut.

Seperti yang berada di Kampung Tamiang RT 03 RW 04, Desa Kandangmukti, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, masyarakatnya mayoritas menjadi pengrajin Bendera, di setiap rumah di Kampung tersebut sebagai pengrajin Bendera.

Proses pembuatan bendera itu sendiri dari mulai gulungan kain diukur, dipotong, dan terakhir dijahit disambungkan antara warna merah dan putih.

Di Bulan Agustus Tahun 2022 ini jelang HUT Republik Indonesia ke 77, Pengrajin yang berada di Kampung Bendera Leles Garut mulai kebanjiran orderan, artinya konsumen di Setiap daerah mulai kembali normal, berbeda di dua tahun sebelumnya di tengah kondisi Pandemi Covid 19.

Salah satu Pengrajin sekaligus Pengusaha Bendera, Ramdan Zaelani kepada iNews.id mengatakan, Sekitar kurang lebih 15 tahun menjalankan usaha Bendera, dari Tahun 2007 hingga sekarang.

Untuk Proses pembuatannya sendiri, Ramdan menjelaskan, pertama dari kain rol diluruskan, kemudian dipotong dan dijahit untuk disatukan antara warna merah dan putih.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut