get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Kemendikbudristek Dorong Pelestarian Budaya di Daerah

Senin, 08 Agustus 2022 | 17:59 WIB
header img
Seorang warga Desa Dangiang, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, terlibat dalam pelaksanaan tradisi Ampih Pare beberapa waktu lalu.

GARUT, iNews.id Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong pelestarian budaya di daerah. Salah satu budaya yang masih dilestarikan di Kabupaten Garut adalah tradisi Ampih Pare. 

Agenda budaya ini digelar pada Selasa (2/8/2022) lalu di Desa Dangiang, Kecamatan Banjarwangi. Kemendikbudristek melalui Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, menyelenggarakan kegiatan tradisi ini dengan diikuti oleh perwakilan masyarakat adat serta para pelaku budaya.

Forum Koordinasi Pimpinan Darerah (Forkopimda) Kabupaten Garut, Forum Pimpinan Musyawarah Kecamatan (Forkopimcam), dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi X, Ferdiansyah, turut hadir dalam tradisi itu. 

Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Samsul Hadi, mengatakan Ampih Pare merupakan tradisi leluhur sebagai ucap syukur dari hasil panen yang melimpah, bebas gangguan hama saat proses dari sawah dibawa ke leuit.

"Nah ini yang membawa dengan penuh doa supaya hasil panen dan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat dan mendapatkan berkah semua," kata Samsul Hadi di Garut, Senin (8/8/2022).

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut