get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Kliennya Ditangkap saat Angkut Ribuan Liter BBM Bersubsidi, Pengacara: Sebagian Besar Titipan!

Rabu, 07 September 2022 | 21:14 WIB
header img
Satu mobil pikap pengangkut puluhan jeriken BBM bersubsidi berbagai jenis diamankan aparat Polres Garut. BBM tersebut dibeli dari Tasikmalaya untuk dijual di wilayah Caringin, Kabupaten Garut.Foto:iNews.id/ Fani Ferdiansyah

"Jadi nitip jeriken dan nitip uangnya juga. Karena kalau sudah pulang nanti jeriken yang sudah berisi full BBM dikembalikan ke masyarakat lagi selaku pemilik jerikennya, jadi bukan penimbunan," kata Soni Sonjaya. 

Kedua tersangka, yakni JM (22) yang berperan sebagai sopir dan R (40) seorang pengusaha, diamankan aparat Polres Garut karena kedapatan membawa BBM bersubsidi kurang lebih 2.000 liter dari Tasikmalaya ke Garut. 

Dari keduanya, polisi menyita sedikitnya 55 jeriken berkapasitas 35 liter untuk BBM jenis Pertalite, dan 5 jeriken kapasitas 35 liter jenis Solar. Bukan hanya menyita BBM, satu unit mobil pikap Suzuki hitam bernopol Z 8043 DZ berikut STNK turut diamankan. 

Keduanya, dijerat Pasal 55 UU RI No 22 Tahun 2021 tentang minyak dan gas bumi sebagaimana telah diubah dengan Pasal 40 angka 9 UU RI No 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja. Mereka terancam hukuman penjara selama 6 tahun dan denda maksimal Rp60 miliar. 

"Saya optimistis hukuman yang akan diterima kedua klien kami lebih rendah dari jeratan aparat kepolisian," tutur Soni Sonjaya. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut