Wabup Garut Hadiri Rapat Koordinasi Peningkatan Budaya Literasi Inisiasi Kemenko PMK RI

Hendrik Prima
.
Kamis, 22 September 2022 | 19:40 WIB
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menghadiri dan membuka Rapat Koordinasi Peningkatan Budaya Literasi yang diinisiasi oleh Kemenko PMK RI, Kamis (22/9/2022). (Foto: doc Diskominfo Garut)

GARUT,iNewsGarut.id – Budaya literasi adalah suatu budaya di dalam masyarakat yang meliputi segala usaha manusia yang berkaitan dengan kegiatan membaca dan menulis. Komponen utama dalam pembentukan budaya literasi adalah kegiatan membaca, menulis dan berpikir kritis. 

Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK RI) menginisiasi rapat koordinasi peningkatan budaya literasi, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Kamis (22/9/2022).

Turut hadir pada kegiatan itu, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. Dalam sambutannya, Helmi, mengatakan, budaya literasi dinilai sangat penting guna menentukan keberhasilan profesi atau pekerjaan agar memperoleh hasil yang baik dan maksimal. Literasi juga mampu meningkatkan perilaku menjadi lebih baik.

“Hari ini kan adalah bagaimana dengan literasi ini bisa mendukung revolusi mental, saya kira dengan banyak membaca, dengan banyak kita memahami kemudian kita melaksanakan, kemudian juga kita interaksi dengan maysarakat, dengan interaksi juga ada literasinya maka perilaku kita berdasarkan rujukan tadi akan lebih baik, mental kita akan lebih baik,” kata Wabup Garut.

Selain itu, imbuhnya, literasi sangat penting dalam kemajuan khususnya bagi Kabupaten Garut, dan umumnya bagi bangsa dan negara. Untuk meningkatkan budaya literasi, pihaknya telah membangun perpustakaan yang cukup megah dan bagus, yang bisa digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat.

“Kita juga ada taman baca, kita juga ada perpustakaan keliling, kemudian juga judul-judul bukunya juga kita lengkapi, jadi kita keliling ada yang ke desa, ada juga di tempat-tempat keramaian agar masyarakat senang kepada literasi,” lanjutnya.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini