get app
inews
Aa Read Next : Gerakan 3G Upaya Zero New Stunting di Lasato Fest 2024 Diskannak Garut

Tim Satgas Pengendalian PMK Diskanak Garut Vaksin Massal, Target Sudah Diatas 70 Persen

Selasa, 18 Oktober 2022 | 14:04 WIB
header img
Tim Satgas Pengendalian PMK Diskanak Garut Saat Melakukan Vaksin Pada Sapi di Selaawi Garut. Foto (Hendrik Prima)

Sofyan menyebut Vaksin Secara keseluruhan di Kabupaten Garut sudah diatas 70 persen dengan target dosis itu Vaksin I 12.500 Dosis, terealisasi 11667 Dosis,dan Vaksin II target 12.500, terealisasi 6670.

Sofyan Yani selaku Kepala Diskanak Garut menghimbau juga kepada para peternak agar membantu dalam pengendalian PMK ini, tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus dibantu oleh para peternak dengan mengikuti Protokol pencegahan PMK.

" Tolong bantu Dinas Kepada para peternak kerjasama nya dalam pengendalian PMK, dengan mengikuti Protokol pencegahan PMK, lalu lintasnya tolong dikendalikan, jangan sembarang diterima Sapi dari luar, karena kemungkinan dari luar itu membawa wabah, dan Sanitasi kandang juga harus diperhatikan, kebersihan kandang dengan kebiasaan melakukan penyemprotan disinfektan,"imbuhnya.

Sementara Peternak Sapi, Irfan Ahyani mengaku dirinya sangat terbantu dengan respon cepat Diskanak, " sangat baik respon dari Pak Kadis, setidaknya ini perhatian Pemerintah kepada Kesejahteraan para peternak dengan melakukan Vaksin ini,"ujarnya.

"Alhamdulillah Sapi disini sudah melalui tahap Vaksin I dan II, dan apresiasi dari kami melihat Pak Kadis terjun langsung, dan sangat peduli pada para peternak, "pungkasnya.

Diketahui Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Perikanan dan Peternakan telah mengeluarkan bantuan bagi para peternak berupa kerohiman Sapi mati akibat wabah PMK, dengan mengganti sebesar Rp 5 juta per ekor, dan dari informasi yang diterima, Diskanak Garut sudah mengeluarkan Santunan sebanyak satu kali kepada 174 Ekor senilai Rp.672 juta bagi peternak resmi yang kepemilikannya skala ekonomi kecil.

Disamping itu, Pemkab Garut pun melalui Diskanak telah mengusulkan sebanyak 184 ekor senilai Rp.10 juta, dan sekitar Rp.18 Miliar belum terealisasi dari pelaporan kepada Diskanak Garut. Hal itu masih melalui proses verifikasi oleh Petugas Dinas bersama aparat, dan nantinya di transfer melalui rekening para peternak.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut