Logo Network
Network

Sulit Dapatkan Pupuk Subsidi, Petani di Limbangan Garut Khawatir Gagal Panen

Hendrik Prima
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 09:17 WIB
Sulit Dapatkan Pupuk Subsidi, Petani di Limbangan Garut Khawatir Gagal Panen
Para ketua kelompok Tani  Saat Melaksanakan Rapat di rumah salah satu warga, beberapa waktu lalu terkait Sulitnya Dapatkan Pupuk Subsidi.(Foto : Istimewa)

GARUT, iNewsGarut.id – Para petani mencemaskan akan terjadi gagal panen karena kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. Pasalnya, pupuk subsidi yang biasa mereka peroleh dari kios resmi kedapatan dikurangi stock ketersediaan barang.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang petani dari Kampung Gosali, Desa Ciwangi, Kecamatan Limbangan yakni Iwan, Senin (5/12). Dirinya mengaku, sudah mencari pupuk subsidi ke kios resmi namun tidak ada. Bahkan, Iwan pun merasa cemas karena sulitnya memperoleh pupuk, nantinya berimbas pada kualitas panen tanaman di lahannya.

"Saat ini kan sedang musim hujan, kebetulan masuk momen tanam. Jadi, kebutuhan pupuk sangat penting sekali. Saya tahu padahal waktu itu pernah beberapa waktu yang lalu, para ketua kelompok tani pernah berkumpul di desa mempertanyakan perihal kelangkaan pupuk," ungkap pria yang juga menjabat sebagai ketua RT di tempat tinggalnya.

Ia juga mengatakan bahwa di Desa Ciwangi terdapat kios resmi yang dikelola oleh saudara Irvan tempat biasa membeli pupuk subsidi. Namun, jika tidak mendapatkan pupuk di lokasi tersebut, dirinya terpaksa membeli pupuk non subsidi dari agen yang dikelola oleh Bapak Deni.

"Kalau di kios A Ivan tidak ada pupuk kadang saya membeli tempat Pa Deni yang tidak jauh dari tempat Ivan. Karena, yang saya tau, Pa Deni juga mendapatkan barangnya dari A Ivan," cerita Iwan.

Follow Berita iNews Garut di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini