get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Warga Garut Apresiasi Sajian Budaya Baduy dalam Film Ambu

Minggu, 11 Desember 2022 | 21:22 WIB
header img
Masyarakat di Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, menikmati alur film 'Ambu'.Foto iNewsGarut.id/ Fani Ferdiansyah.

GARUT, iNewsGarut.id – Film berjudul "Ambu” berhasil menghipnotis masyarakat Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut. Kata 'Ambu' yang digunakan sebagai judul film, memiliki arti ibu dalam Bahasa Sunda.

Nuansa budaya Baduy yang begitu kuat serta balutan suasana eksotis alam pedalaman Banten, membuat film yang disutradarai oleh Farid Dermawan ini sukses membawa imaji penontonnya. Penggambaran cerita dengan mudah disampaikan melalui akting menawan sejumlah aktris dan aktor papan atas Indonesia.

Aktris senior Widyawati begitu menghayati saat memainkan peran sosok Ambu Misnah, yang berkonflik dengan putrinya bernama Fatma (Laudya Cynthia Bella). Cerita dalam film bermula saat Fatma terpikat pada seorang pemuda asal Jakarta, Nico (Baim Wong).

Fatma memutuskan untuk mengikuti Nico dan membangun rumah tangga di ibukota. Beberapa tahun kemudian, Fatma dan Nico memiliki seorang putri bernama Nona (Lutesha Shadewa).

Karena suatu alasan, akhirnya Fatma memutuskan pulang ke Baduy bersama Nona. Pertemuan Ambu Misnah, Fatma, dan Nona memunculkan konflik tiga generasi yang terkesan klasik karena perbedaan usia, latar belakang, serta tempat tinggal.

Konflik bertambah panas ketika Nona mulai akrab dengan seorang pemuda asli suku Baduy bernama Jaya (Andri Mashadi). Di luar itu, sinematografi apik yang menyajikan ketenangan dan keasrian alam, begitu memanjakan mata saat penonton mengikuti alur kisah pertentangan antara ibu dan anak ini.

Apresiasi positif pun disampaikan masyarakat usai menonton film pertama yang berlatar budaya Baduy tersebut. Seorang warga Desa Lebak Agung, Lisna (26), mengaku film yang ia tonton bersama warga pada Sabtu 10 Desember 2022 malam itu telah membuatnya terharu. Ia bahkan mengaku sampai meneteskan air mata, saat Ambu Misnah mengetahui kondisi fisik Fatma yang menderita sakit akibat kanker payudara.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut