get app
inews
Aa Read Next : Polsek Singajaya Bersama Bhayangkari Berikan Bantuan Kepada Korban Terdampak Gempa Bumi

2834 Personil hingga 43 Pos Disiapkan Dalam Rangka Pengamanan Nataru

Kamis, 22 Desember 2022 | 18:46 WIB
header img
Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Lodaya Tahun 2022 yang dilaksanakan di Halaman Mako Polres Garut. Foto (ist)

GARUT, iNewsGarut.id – Dalam rangka kesiapan menghadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Polres Garut menggelar apel Gabungan. Sebanyak 2834 Personil hingga 43 Pos disiapkan dalam pengamanan Nataru.

"untuk pengamanan nataru ini, pihaknya melibatkan 2.834 personil yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan stakeholder lainnya, dengan ditunjang 43 pos baik itu pos pengamanan, pos pelayanan, hingga pos pengaturan lalu lintas,"ungkap Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, dalam sambutannya saat apel gelar pasukan di halaman Markas Komando (Mako) Kepolisian Resor (Polres) Garut, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Kamis (22/12/2022).

Lebih lanjut Wirdhanto, menuturkan, meski saat ini angka Covid-19 di Kabupaten Garut bisa dikatakan terkendali, tetapi ia tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap senantiasa menerapkan protokol kesehatan, termasuk di lokasi-lokasi beberapa objek wisata dan lokasi-lokasi keramaian masyarakat yang lainnya.

"Tadi disampaikan oleh Bapak Kapolri dalam amanatnya bahwa untuk keramaian masyarakat atau kegiatan event yang dilaksanakan pada saat malam tahun baru ataupun perayaan natal bisa dilakukan, namun dengan adanya kegiatan asesmen ataupun penilaian secara ketat, jadi bukannya tidak diperbolehkan, boleh tetapi akan dilakukan asesmen terlebih dahulu," tuturnya.

Di satu sisi juga, jelas Wirdhanto, pihaknya berharap bahwa dengan  adanya surat edaran dari Forkopimda terkait panduan perayaan natal 2022 dan perayaan tahun baru 2023, di mana salah satu diantaranya adalah, "kita berharap masyarakat tetap menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas,"jelasnya.

Menurutnya, di momen nataru nanti intensitas mobilitas masyarakat akan tinggi, baik itu yang menuju ke Garut ataupun dari Garut. Sehingga ia berharap melalui beberapa pengamanan yang dilakukan oleh pihaknya diharapkan mampu mewujudkan zero kecelakaan atau zero accident dalam nataru ini.

"Yang kedua termasuk juga di objek wisata kita kita berharap juga zero laka laut, oleh karena itu khususnya di Pantai Selatan di Garut Selatan kami kemarin sudah melibatkan lbeberapa komunitas perairan ya (seperti) kompepar (kelompok penggerak pariwisata), termasuk juga balawista, dan juga termasuk para nelayan yang kita akan turunkan untuk bisa membantu kenyamanan berwisata di daerah pantai, meskipun di satu sisi kita juga harus tetap waspada terkait masalah bencana, karena bencana saat ini terus menjadi kewaspadaan kita bersama," ujar Kapolres Garut.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut