get app
inews
Aa Read Next : Pemekaran Desa di Garut Menunggu Peraturan Bupati

Program Ketahanan Pangan, Pemdes Sukawangi Bangun JUT

Senin, 02 Januari 2023 | 18:44 WIB
header img
Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Sukawangi, Kecamatan Singajaya, Kabupaten GarutFoto iNewsGarut.id/Indra.

GARUT, iNewsGarut.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukawangi, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, kini telah tuntas membuka akses pertanian dengan membangun Jalan Usaha Tani (JUT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2022.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.104/2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2022. Dimana ketahanan pangan merupakan pagu anggaran sebesar 20 persen dari dana desa.

Kepala Desa Sukawangi, Dudu Rahman, menyebut program ketahanan pangan dari anggaran dana desa ditahun 2022 ini digunakan untuk pembangunan rabat beton JUT sepanjang 1.200 meter, dari Kampung Carik menuju Kampung Cisurian dan tembus ke Jalan Taraju Tasikmalaya.

"Pembanguna JUT ini tembus langsung ke Desa Cicomre, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya. Dengan dibangun atau dibuat akses jalan ini semoga dapat membantu serta memudahkan petani melakukan mobilitas dalam bidang pertanian sehingga meningkatkan ekonomi para petani," katanya, Senin (2/1/2023).

Lanjut Dudu mengatakan, pembangunan JUT ini dibangun secara padat karya sesuai dengan imbauan Presiden Republik Indonesia dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terkait pemulihan ekonomi dari dampak Covid-19.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut