get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Kunjungan  Wisatawan ke TWA Papandayan Menurun Sepanjang Libur Nataru

Senin, 09 Januari 2023 | 22:31 WIB
header img
Sejumlah wisatawan berjalan ke area parkir usai mengunjungi TWA Gunung Papandayan, di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Tampak sejumlah warung dalam keadaan tutup karena kunjungan wisata di kawasan itu menurun.Foto iNewsGarut.id/ Fani Ferdiansyah

GARUT, iNewsGarut.id – Tingkat kunjungan wisatawan ke Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan, di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, sepanjang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 lalu menurun drastis. Penurunan kunjungan ini diketahui bila dibandingkan dengan libur serupa pada tahun-tahun sebelumnya. 

Human Resource Development (HRD) PT Asri Indah Lestari (AIL) selalu pengelola TWA Gunung Papandayan, Robi Nuryadin, mengungkapkan bila penurunan disebabkan oleh faktor cuaca dan kebijakan yang diambil pemerintah daerah. Menurut Robi Nuryadin, adanya informasi yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Garut beberapa waktu lalu mengenai larangan wisata ke gunung dan laut berimbas pada daya kunjungan ke TWA Gunung Papandayan. 

"Untuk libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) dan sekolah ini tidak ada kenaikan. Karena memang kan kita lihat dari indormasi yang disampaikan oleh bupati, lalu masalah bencana, cuaca. Terus liburannya pun tidak ada, sehingga tak ada kenaikan," kata Robi Nuryadin, Senin (9/1/2023). 

Meski demikian, ia menyatakan masih ada masyarakat yang datang berkunjung ke TWA Gunung Papandayan pada sepanjang libur Nataru lalu. Para pengunjung rata-rata rata-rata didominasi oleh keluarga dan komunitas pecinta alam.

"Alhamdulillah selalu ada pengunjung, meski tak sebanyak di Nataru sebelum-sebelumnya. Kunjungan sepanjang libur Nataru kemarin tak lebih seperti libur akhir pekan biasa," ujarnya.

Kunjungan wisatawan ke TWA Gunung Papandayan pada umumnya bervariasi, seperti hanya mengunjungi kawasan kawah, mendaki gunung, hingga berkemah. Normalnya, kata dia, kunjungan ke TWA Gunung Papandayan di setiap akhir tahun kerap membeludak.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut