get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Sesuai Program Presiden Jokowi, TNI Hadir Cari Solusi Hal Penanganan Sampah

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:13 WIB
header img
Komandan Korem 062/Tn Saat Meninjau Tumpukan Sampah di Pasar Cibatu, Garut. Foto iNewsgarut.id/ Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Menindaklanjuti program Presiden Jokowi, Tentara Nasional Indonesia (TNI) hadir di tengah masyarakat, berupaya mencari solusi untuk atau dalam hal Penanganan Sampah. Hal itu diungkapkan Komandan Resort Militer (Korem) 062/ Tarumanegara, Kolonel Infanteri Asep Sukarna, di sela kunjungan kerjanya, melihat tumpukan sampah yang berada di Pasar Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sabtu (21/1/2023).

"Ya jadi sekarang ini sudah ada mesin pengolahan sampah yang di prakarsai oleh pimpinan baik dari Kodam maupun Angkatan darat sehingga sesuai dengan program Pak Presiden, kita harus mencari solusi penanganan sampah ini,"ungkapnya.

Menurutnya, banyak orang yang bilang sampah itu adalah masalah, " Nah sekarang ini kita harus berpikir merubah paradigma itu, bagaimana sampah ini bisa menjadi sesuatu hal yang menguntungkan bagi kita semua, dengan cara mencari solusi untuk pengolahan sampah agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,"ujarnya.

Dengan adanya teknologi hasil karya anak bangsa, jelas Asep, sampah yang tadi nya menimbulkan penyakit, bau, dan jijik, bisa dimanfaatkan menjadi briket, juga bisa menjadi bijih plastik, dijual, sehingga ada nilai ekonomis nya.

" Intinya sampah bisa diolah dengan mesin pengolah sampah hasil karya anak bangsa, misalkan menjadi briket, juga bisa menjadi bijih plastik, sampah plastik kan kalau diolah itu jadi bijih plastik, sehingga ada nilai jual ekonomis nya,"jelasnya.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melaunching mesin pengolahan sampah yang di prakarsai Kodam III/Siliwangi yang berkontribusi dalam upaya penanganan persoalan sampah di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut