get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Sampel Es Krim yang Diduga Racuni Puluhan Siswa SD Diuji BPOM dan Labfor

Rabu, 15 Februari 2023 | 21:22 WIB
header img
Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro memaparkan kasus keracunan puluhan siswa SD diduga akibat mengonsumsi es krim.Foto iNewsGarut.id/ Fani Ferdiansyah

GARUT, iNewsGarut.id – Es krim yang diduga menjadi penyebab puluhan siswa SDN Kersamenak 2, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, mengalami keracunan Selasa (14/2/2023) lalu tengah diuji secara klinis. Sampel es krim, telah dikirim ke BPOM dan laboratorium forensik. 

"Saat ini kami masih menunggu hasil lab dari pemeriksaan sampel es krim yang telah dikirim," kata Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro. 

Ia mengatakan, pihaknya telah mengamankan pedagang keliling berinisial M (60) yang menjual es krim kemasan cup seharga Rp2.000 tersebut. Dari hasil penyelidikan, M membuat es krim bersama isterinya di rumah mereka.

"Sudah sejak 2019 beliau membuat eskrim ini. Saat ini statusnya belum kita naikan, masih diperiksa, masih diselidiki," ujarnya. 

AKBP Rio Wahyu Anggoro menyebut dalam satu hari M mampu memproduksi es krim sebanyak 3.000 cup. Es krim ini kemudian dijual ke sejumlah tempat, termasuk SDN Kersamenak 2.

"Di SDN Kersamenak 2 itu hanya dijual 400 cup. Selebihnya di tempat lain," ucapnya. 

Penyelidikan, lanjutnya, mesti benar-benar dilakukan menyeluruh dengan melibatkan hasil laboratorium, karena kasus ini menimbulkan perdebatan di internal Polres Garut. Pasalnya, es krim ini bukan hanya dikonsumsi anak-anak sekolah, melainkan oleh orang dewasa. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut