get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Omzet Capai Rp.21 Juta Perbulan Petani Strawberry di Garut Minim Perhatian Pemerintah

Senin, 27 Februari 2023 | 06:30 WIB
header img
Buah Strawberry Yang Dihasilkan Petani di Desa Barudua, Kecamatan Malangbong, Garut. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Sebagian besar mayoritas masyarakat di Desa Barudua, Kecamatan Malangbong, Garut, Jawa Barat, merupakan petani strawberry. Omzet mereka mencapai Rp.21 perbulan. Namun mereka (petani strawberry) minim perhatian dari Pemerintah.

Salah seorang pengepul dan pelanggan citra tani (PLCT), Endang Yana, mengaku omzet yang Ia dapatkan setiap hari mencapai Rp.7 sampai 8 juta, jika dihitung satu bulan, omzet yang Ia dapatkan sebesar Rp.21 juta.

"omzet setiap hari mencapi Rp7 juta sampai dengan Rp.8 juta. Jika dikalikan selama satu bulan mencapi Rp.21 juta lebih,"ungkapnya. Minggu (26/2/2023).

Dikatakannya, kendalanya saat ini minimnya perhatian dari pemerintah dalam memajukan pertanian strawberry, menurutnya, misalnya, tidak adanya rumah kemasan serta bantuan permodalan. Padahal, kata Endang, bisnis strawberry merupakan bisnis yang sangat menjanjikan.

"Ya minim perhatian pemerintah kendalanya, tidak adanya rumah kemasan, serta bantuan permodalan yang menjadi kendala saat ini, kalau ada bantuan permodalan, Insya Alloh dapat berkembang pesat,"ujarnya.

Endang menjelaskan, Strawberry ini dipasarkan sudah masuk ke Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta dan Cilegon.Sebelum memasarkan hasil panen tersebut terlebih dahulu dikemas dan dilakukan pemilihan buah strawberry yang layak jual.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut