get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Mitos Gunung Papandayan, para Pendaki Gunung Wajib Tahu!

Senin, 27 Februari 2023 | 11:48 WIB
header img
Potret suasana di kawasan Gunung Papandayan yang terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.Foto iNewsGarut.id/ Dindin Ahmad S

GARUT, iNewsGarut.id – Mitos Gunung Papandayan sudah tidak asing lagi terdengar di telinga warga masyarakat sekitar. Bukan hanya Gunung Papandayan saja, namun pegunungan lainnya yang berada di seluruh Indonesia, pada umumnya juga memiliki mitos masing-masing yang beredar di masyarakat setempat.

Gunung Papandayan ini terletak di wilayah Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke gunung tersebut untuk menikmati panorama alam yang indah yang disuguhkan di sana. Bukan hanya dikunjungi wisatawan lokal ataupun nasional saja, wisatawan internasional pun juga banyak yang berkunjung ke Gunung Papandayan ini.

Berikut deretan mitos di Gunung Papandayan yang berhasil dihimpun.

1. Hutan Mati yang Menyeramkan 

Hutan mati merupakan salah satu kawasan yang seringkali banyak dikunjungi banyak wisatawan saat berkunjung ke Gunung Papandayan. Hutan mati ini terbentuk akibat letusan Gunung Papandayan beberapa tahun yang lalu, sehingga meluluhlantakkan semua pohon yang berada di kawasan tersebut, yang pada akhirnya hanya menyisakan pohon-pohon mati yang menjulang tinggi ke atas.

Beberapa sisa pohon yang terbakar terlihat hitam dan penuhi tempat hutan mati. Selain memunculkan kesan-kesan menyeramkan, rupanya hutan mati jadi spot yang Instagrammable. Nyaris setiap wisatawan yang melewati hutan mati tentu singgah dan berpose di sini. Yang terlihat menyeramkan malah tidak seangker yang anda pikirkan. Jika dilihat dengan seksama, justru kawasan hutan mati ini bisa menjadi spot foto terbaik bagi para wisatawan.

2. Berbagai Larangan Untuk Para Pendaki di Gunung Papandayan

Mungkin mitos mengenai larangan bercerita tentang hal-hal mistis hampir sama dengan mitos pada gunung-gunung lainnya. Seperti halnya tidak boleh bertindak tidak santun, tidak berbicara kasar, dan bermacam jenis "tidak" tentu pernah anda dengar saat akan mendaki gunung. 

Beberapa larangan saat mendaki gunung memang lumrah. Karena perlu diingat, gunung ialah sebuah lokasi yang banyak ditempati oleh makhluk gaib, karena itu seharusnya kita jaga bicara dan sikap saat mendaki supaya tidak terganggu oleh makhluk gaib.

Namun ada satu misteri bahwa ketika seorang pendaki merasakan adanya angin kencang yang berhembus, maka sebaiknya untuk diam dan tidak melanjutkan perjalanan. Apabila pendaki tersebut nekat untuk terus berjalan, maka hujan deras dan angin akan menerjang pendaki.

Misteri Gunung Papandayan sekitar larangan yang perlu ditaati oleh beberapa pendaki ini harus ditaati. Lebih bagus berhenti sesaat dari pada harus diam lama karena terhambat oleh hujan yang deras.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut