get app
inews
Aa Read Next : 6 Desa di Garut Ini Punya Pemandangan Alam Indah, Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

22 Wisata Curug di Garut Ini Patut Dikunjungi, Suguhkan Pesona Alam Indah dan Instagramable

Rabu, 01 Maret 2023 | 11:54 WIB
header img
Keindahan Curug Sanghyang Taraje di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut. (Foto Instagram/iNews.id)

13. Curug Dengdeng - Cisompet

Curug yang berlokasi di Desa Margamulya, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut ini, juga jadi rekomendasi objek wisata bagi para pecinta keindahan alam. Hal tersebut tidak lain karena pesona alamnya yang sangat indah dan menawan.

Pasalnya, Curug Dengdeng ini memiliki ketinggian dua kali lipat dari curug-curug lain pada umumnya. Adapun untuk ketinggian Curug Dengdeng ini berkisar antara 20 sampai 30 meter. Sehingga akan lebih indah ketika melihat curug ini ketika lebih dekat. Untuk memasuki area curug ini pengunjung membayar dengan harga murah, yakni Rp. 5.000 saja.

14. Curug Cikanay - Cikajang

Curug Cikanay terletak di wilayah Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Curug ini merupakan salah satu air terjun yang banyak diminati oleh wisatawan. Hal ini karena area objek wisata tersebut masih asri dan terjaga keindahan alamnya. 

Debit air yang tidak cukup deras, membuat Curug Cikanay ini menjadi tempat favorit wisatawan karena bisa bermain air sepuasnya.

Pengunjung dapat juga berswafoto dengan view air terjun mengalir yang seakan-akan dikepung oleh tebing-tebing tinggi. Namun, curug ini memang belum dikelola secara komersil, sehingga kita bisa bermain ke lokasi tanpa membayar tiket masuk.

15. Curug Salawe - Peundeuy

Curug Salawe ini terletak Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

Area Curug Salawe dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang nampak licin. Meski begitu, tak mengurangi ketertarikan para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi ini.

Namun, setiap orang yang berkunjung ke Curug Salawe memang tidak dapat bermain air di area sekitarnya,  dikarenakan medannya yang kurang mulus.

Akan tetapi, pengunjung tetap bisa menikmati keindahan Curug Salawe ini, dengan pesona alamnya yang indah dan kesegaran udaranya. Pengunjung pun bisa menatap gulungan air yang turun ke arah curug seakan mengalun dengan indah.

16. Curug Luhur - Caringin 

Curug yang satu ini seringkali disebut sebagai surga yang tersembunyi. Pasalnya, terdapat pemandangan yang sangat cantik dan mempesona. Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, aliran airnya cukup melimpah dan juga menyegarkan. Terdapat pula kolam air yang terbentuk secara alami di bawah air terjun tersebut.

Tentunya cocok sekali untuk dijadikan tempat bermain bersama teman ataupun keluarga. Anda bisa mengunjungi lokasi Curug Luhur ini di daerah Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

17. Curug Ngaleng - Cisompet

Curug yang terletak di Desa Sindangsari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut ini, nampak terlihat mirip dengan Curug Sanghyang Taraje yang berada di Kecamatan Pamulihan. Namun Curug Ngaleng ini memiliki ukuran yang jauh lebih pendek. Kemudian, lingkungan sekitarnya pun tidak terlalu luas. Untuk menuju lokasi tersebut anda harus berhati-hati, karena akan melawati sungai dengan aliran air yang cukup deras. Tiket masuk ke lokasi ini cukup terbilang aman dikantong, berkisar pada harga Rp. 12.000 per orang.

18. Curug Cihanyawar - Cilawu

Curug ini terletak di wilayah Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Curug Cihanyawar ini masih terjaga keasrian alamnya. Hal ini dikarenakan memang lokasi curug tersebut belum sering terekspos dan jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Padahal curug ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Bahkan, apabila pengunjung sedang berada di area wisata, cobalah menilik ke sebelah kana ari terjun, disitu terdapat sebuah gua yang ukurannya cukup besar.

Penasaran bukan? Tunggu apalagi, cobalah berkunjung ke Curug Cihanyawar di Kecamatan Cilawu ini.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut