get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Viral Satu Angkatan Santri Darul Arqam Garut Umroh ke Makkah, Hadiah Mondok 6 Tahun

Selasa, 18 April 2023 | 11:03 WIB
header img
Satu angkatan santri Pondok Pesantren Darul Arqam Garut saat melaksanakan ibadah umroh Februari lalu. Program umroh ini sebagai hadiah para santri usai mondok 6 tahun.Foto Istimewa (Dokumentasi Azril Ibrahim)

Apalagi momen ini menjadi penanda perpisahan setelah mengenyam pendidikan selama enam tahun. 

"Dari awal masuk pondok saya sudah tahu program ini dan menjadi kesepakatan antara orang tua serta pihak pesantren. Impian sekali bisa umroh di usia muda. Tentunya hal itu menjadi dorongan saya untuk istiqomah menimba ilmu di pesantren," tuturnya. 

Azril Ibrahim mengaku mulanya tidak betah tinggal di pesantren karena suasana dan aktivitas yang ia jalani berbeda dengan di rumah. 

"Bisa dibilang saya termasuk anak yang nakal. Untuk itu kedua orang tua ingin saya belajar di pesantren supaya menjadi pribadi yang lebih baik. Pada akhirnya saya mau masuk pesantren, apalagi kakak saya sudah lebih dulu mondok di Darul Arqam," paparnya. 

Kendati alasan mondok karena mengikuti keinginan orang tua, Azril Ibrahim sangat bersyukur bisa menimba ilmu di pesantren. 

"Lama-kelamaan saya betah tinggal di pesantren. Banyak pengetahuan, pelajaran dan hal-hal baik lainnya yang saya dapat. Baik itu mengenai agama maupun pengetahuan umum," ujarnya. 

Selama di Makkah, banyak doa dipanjatkan Azril Ibrahim. Terutama mendoakan kedua orangtuanya serta cita-citanya untuk melanjutkan kuliah bisa terwujud. 

"Saat ini saya sudah mendaftar di dua perguruan tinggi negeri di Bandung melalui jalur UTBK. Tinggal menunggu pengumuman. Untuk pilihan alternatif jika tidak lulus, saya sudah mendaftar di salah satu universitas swasta. Dan alhamdulillah sudah dinyatakan lulus," ucapnya. 

Azril Ibrahim berharap, video umroh bersama teman-temannya yang kini tersebar dapat menjadi inspirasi anak muda untuk terus mengejar impiannya. 

"Bagi siapapun khusunya anak muda yang ingin mendapatkan kesempatan beribadah ke tanah suci, semoga bisa terus istiqomah dan tidak putus berdoa kepada Allah SWT," pungkasnya. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut