get app
inews
Aa Read Next : Jum'at Malam, Ratusan Jamaah Haji Asal Garut Kloter 2 Gelombang 1 Diberangkatkan

Umat Islam di Garut Rayakan Hari Raya Idul Fitri Pada Hari Jum'at dan Sabtu

Jum'at, 21 April 2023 | 03:39 WIB
header img
Kepala Kantor Kemenag Garut, Cece Hidayat, ketika memberikan keterangan terkait persiapan Idulfitri di Kabupaten Garut. Foto istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Umat Islam di kabupaten Garut merayakan hari raya idul Fitri pada hari Jum'at dan Sabtu yakni tanggal 21 dan 22 April 2023. Hal itu diungkapkan kepala kantor kementerian agama (Kemenag) Garut, Cece Hidayat, Kamis (20/4/2023) malam.

"Umat Islam di Garut merayakan hari raya idul Fitri di hari Jum'at esok dan Sabtu lusa,"ungkapnya.

Dikatakannya, di hari Jum'at esok terdapat 22 titik pelaksanaan sholat Ied yang tersebar di kabupaten Garut. Sementara, menurutnya, untuk yang merayakan di hari Sabtu ada 5.205 lokasi.

"22 titik hari Jum'at esok, dan di hari Sabtu ada 5.205 titik lokasi pelaksanaan sholat Ied,"ujarnya.

Cece berharap walaupun terdapat perbedaan waktu dalam hal merayakan idul Fitri jangan dijadikan sebuah hal untuk memecah belah, tapi, kata Dia, jadikan semangat untuk memupuk kebersamaan antar umat Islam.

"Berbeda dalam hal perayaan jangan menjadi sebuah hal untuk memecah belah, tetapi jadikan semangat untuk memupuk kebersamaan antar umat Islam,"katanya.

Menurutnya, pihaknya sudah meminta kepada kepala kantor urusan agama (KUA) dan penyuluh agama di setiap wilayah untuk memantau dan memastikan perayaan hari raya idul Fitri berjalan aman, tertib, dan nyaman. Baik itu yang merayakan di hari Jum'at esok, maupun di hari Sabtu nanti.

"Sudah dikoordinasikan dengan aparat keamanan baik itu Polsek, Koramil, serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat, agar pelaksanaan Idul Fitri berjalan aman, nyaman, dan tertib,"ujarnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut