get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Paturay Tineung SDN 3 Sukawargi, Diwarnai Upacara Adat Khas Sunda

Minggu, 25 Juni 2023 | 07:57 WIB
header img
Pelaksanaan samen di SDN 3 Sukawargi, Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Sabtu (24/6/2023). Foto iNewsGarut.id/Dindin Ahmad S.

GARUT, iNewsGarut.id – Isak tangis menyelimuti acara samen di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Sukawargi yang berlokasi di Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Sabtu (24/6/2023).

Momen haru itu nampak terlihat dalam penampilan upacara adat khas Sunda yang ditampilkan oleh anak-anak pelajar, khususnya siswa siswi kelas 6 saat melakukan sesi sungkeman kepada orang tuanya masing-masing.

Selain upacara adat khas Sunda, siswa siswi SDN 3 Sukawargi di sana juga menampilkan kesenian marawis, pencak silat, serta hiburan lainnya untuk memeriahkan acara yang kerap disebut samen atau momen kenaikan kelas.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 3 Sukawargi, Hidayat, menyampaikan, kegiatan samen ini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan tradisi atau kebiasaan di tiap sekolah. 

Bahkan, menurut dia, kegiatan ini salah satunya adalah untuk mengembangkan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Jawa Barat (Jabar).

"Di dalamnya dalam pengembangan ini adalah menampilkan tradisi-tradisi yang dilaksanakan di daerah setempat. Bahkan masyarakat itu merasa bangga, mudah-mudahan tradisi yang ada di lingkungan, di daerah setempat ini tidak musnah, bahkan dikembangkan peserta didik melalui jalur pendidikan," tutur Kepsek SDN 3 Sukawargi.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut