get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Mengenal Antraks, Penyakit Hewan yang Menular ke Manusia, Kenali Jenis, Gejala, dan Pencegahannya

Minggu, 09 Juli 2023 | 05:34 WIB
header img
Mengenal penyakit Antraks. (celebrities.id/MNC).

GARUT, iNewsGarut.id – Antraks atau Anthrax merupakan penyakit yang saat ini tengah merebak di daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Bahkan, dikabarkan pula bahwa penyakit Antraks ini telah menewaskan tiga orang warga desa setempat. Penyakit yang baru terjadi sejak lima tahun terakhir ini membuat para warga masyarakat di sana merasa resah.

Lantas apakah yang disebut dengan penyakit Antraks? Berikut ini rangkuman informasi terkait penyakit Antraks.

Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, Antraks yaitu penyakit menular serius yang disebabkan oleh bakteri gram positif berbentuk batang yang dikenal sebagai Bacillus anthracis. Penyakit tersebut terjadi secara alami di tanah dan umumnya mempengaruhi hewan pemakan domestik dan hewan liar di seluruh dunia.

Kementerian Kesehatan RI, dikutip pada Jum'at (7/7/2023), menjelaskan bahwa penyakit Antraks awalnya memang menyerang hewan pemakan rumput dan hewan liar, namun penyakit ini pun dapat menyerang manusia dan bersifat zoonosis. 

Bagaimana Antraks Menyerang Manusia?

Saat berada di luar tubuh, bakteri Antraks membentuk lapisan pelindung yang keras yang disebut spora. Dalam bentuk sporanya, penyakit Antraks sulit untuk dibunuh. Penyebaran penyakit Antraks dimulai melalui hewan domestik yang menelan atau menghirup spora yang terkontaminasi pada air, tumbuhan, maupun tanah.

Kemudian, hewan yang telah terinfeksi itu akan menularkan penyakit Antraks pada manusia yang melakukan kontak, baik bersentuhan langsung dengan hewan yang terinfeksi atau produk hewan yang terkontaminasi maupun mengonsumsi daging hewan tersebut.

3 Jenis Penyakit Antraks Menurut Penularan 

Menurut penularannya, penyakit Antraks terbagi menjadi tiga jenis, diantaranya adalah Anthrax Cutaneous (kulit), Anthrax Inhalations (paru), dan Anthrax Gastrointestinal (usus). 

Ketiga penyakit Antraks tersebut menyebabkan gejala yang cukup parah dan berbeda-beda. Bahkan, untuk jenis penyakit Anthrax gastrointestinal dapat menyebabkan 25-60 persen penderita meninggal dunia.

Perlu diingat, apabila mencurigai seseorang terserang penyakit Antraks khususnya Antraks Gastrointestinal, segera cari pertolongan dan bantuan dari tenaga medis.

Gejala Klinis Penyakit Antraks 

Ketiga jenis penyakit Antraks yang disebutkan tadi dapat menimbulkan gejala yang cukup parah dan dampak berbeda-beda. Berikut penjelasannya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut