get app
inews
Aa Read Next : Istri Pj Bupati Garut Lihat Potensi Desa Wanajaya dan Kunjungi Talaga Bodas

Pemprov Jambi-PNM Perkuat Kerja Sama Tingkatkan Kapasitas Usaha Masyarakat

Jum'at, 21 Juli 2023 | 19:01 WIB
header img
Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) digelar di Gedung Ratu Convention Center (RCC) Jambi, Selasa 18 Juli 2023 lalu dihadiri Gubernur Jambi AL Haris. (Istimewa)

JAMBI, iNewsGarut.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi bersama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus memberikan akses pengembangan kapasitas usaha masyarakat. Kerja sama yang dibangun antara Pemprov Jambi dengan PNM itu bertujuan untuk membantu kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi. 

Akses pengembangan kapasitas usaha dilakukan demi kesejahteraan masyarakat Kota Jambi. Hal tersebut dikemukakan Gubernur Jambi Al Haris, dalam acara Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang bertempat di Gedung Ratu Convention Center (RCC) Jambi, Selasa 18 Juli 2023 lalu. 

Di kesempatan tersebut, Al Haris juga mengatakan bahwa kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha untuk emak emak pengusaha ultra mikro merupakan salah satu bentuk kerja konkret PNM untuk memberdayakan UMKM di Provinsi Jambi, khususnya bagi pengusaha perempuan ultra mikro di Provinsi Jambi. 

“Kegiatan ini selaras dengan Program DUMISAKE Pemerintah Provinsi Jambi yang memberikan bantuan modal kerja bagi UMKM, salah satunya yang menjadi sasaran penerima bantuan modal kerja adalah usaha kecil mak-mak. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, per November Tahun 2022, Bantuan Modal Kerja untuk mak-mak dari Program DUMISAKE tersebut telah terealisasi sebanyak 280 untuk PKH dan 212 untuk non PKH,” kata Gubernur Jambi Al Haris, Jumat (21/7/2023). 

Acara tersebut bertema 'Emak-emak Pengusaha Padek Ekonomi Keluargo Naek (Pengusaha Wanita Cerdas Ekonomi Keluarga Naik Kelas)'. Dalam kesempatan yang sama, pihak PNM juga telah memberikan pendampingan dan pelatihan usaha secara reguler dan berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan nasabah sehingga usaha yang dijalankan pelaku usaha dapat makin berkembang dan naik kelas.

Senada dengan Gubernur Jambi, Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi, menjelaskan tentang masyarakat berdaya. Sebagai contoh, kata dia, saat ini jumlah nasabah aktif PNM Mekaar telah mencapai angka 14,7 juta yang 100 persennya adalah ibu-ibu pra-sejahtera.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut