get app
inews
Aa Read Next : Berikut 25 Pemain Persigar Garut Yang Akan Bermain di Liga 3 Nasional

Ternyata Perajin Bendera di Leles Garut Sudah Ada Sejak Tahun 1970an

Senin, 07 Agustus 2023 | 18:46 WIB
header img
Monumen Perajin Bendera Asli Garut Yang Diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil Pada Tahun 2022 Lalu. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima

GARUT, iNewsGarut.id – Berbicara tentang kampung bendera tentu identik dengan Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dimana di wilayah itu terdapat satu kampung yang memang mempunyai history awal mula adanya perajin bendera merah putih.

Kampung Babakan Sari, Desa Leles, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat, menjadi saksi sejarah cikal bakal adanya perajin bendera. Yang saat ini dikenal dengan kampung bendera merah putih asal Garut.

Hampir mayoritas masyarakat di kampung itu sebagai perajin bendera merah putih yang saat ini hasil karya warga disana sudah menyebar luas di seluruh pelosok negeri Indonesia.

Salah seorang perajin bendera, sebut saja Abah Tata, dirinya menekuni profesi sebagai perajin bendera sudah sejak lama. Menurutnya, Ia tekuni bidang tersebut merupakan warisan dari orang tuanya yang memang salah satu pencetus awal mula adanya perajin bendera merah putih.

"Waktu masih kecil Saya lihat orang tua membuat bendera, sekitar tahun 1970an, ada dua orang yang pertama membuat bendera disini yakni Pak Ocid dan orang tua Saya Pak Endik,"ungkapnya.

Diceritakannya, dulu orang tuanya itu membuat bendera merah putih secara sembunyi-sembunyi, tidak seperti sekarang ini orang bebas melihatnya. Dan, imbuhnya, pembuatan nya pun tidak seperti sekarang menggunakan mesin jahit, tapi dulu menggunakan razam semacam jarum.

"Kalau membuat bendera merah putih dulu sembunyi-sembunyi, bahkan sampai di atap para rumah, agar tidak banyak orang yang tau cara membuatnya,"kata Abah Tata.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut