get app
inews
Aa Read Next : Percepat Olah Lahan dan Tanam, Dinas Pertanian Garut Lakukan Pompanisasi

Perajin Bambu Selaawi Garut Tingkatkan Keterampilan Dalam Workshop Kemenkominfo

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 06:57 WIB
header img
Pelaksanaan Workshop Upscaling Digitalisasi Produk Kriya Bambu Cycle 1 di Selaawi Bamboo Creative Center. Foto istimewa

"Dan khususnya di Garut ini adalah memang kita menekankan untuk digitalisasi bagi para pelaku UKM di sektor bambu, makanya kami mengadakan ini di Kecamatan Selaawi sebagai salah satu sentra pengrajin bambu," tutur Oryza.

Workshop ini diikuti oleh 30 peserta, termasuk perajin dan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Harapannya, pengetahuan yang didapat akan membantu perajin bambu terus berkembang dan beradaptasi dengan era digital.

"Harapan kita (melalui workshop ini) tentu saja bisa meningkatkan produk bambu Selaawi, khususnya bisa meningkatkan kesejahteraan mereka," harapnya.

Camat Selaawi, Fahmi Fauzi, mengingatkan peserta tentang tanggung jawab dalam menggunakan dana APBN. Ia juga mendorong sharing knowledge untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan di komunitas Kecamatan Selaawi. Diharapkan, melalui upaya ini, produk-produk bambu dari Selaawi akan semakin dikenal dan diakui secara internasional.

"Jangan lupa sharing knowledge untuk yang lain, ilmu yang kita dapat sharing-kan lagi untuk tetangga kita (atau) saudara kita," katanya.

Salah satu peserta, Zainal Arifin, dari Desa Mekarsari berharap workshop ini akan membuka peluang baru dalam menghasilkan produk yang lebih beragam dan berkualitas tinggi.

"Mudah-mudahan setelah mengikuti workshop hari ini, untuk kerajinan khususnya di bambu, mudah-mudahan lebih bermacam-macam produk yang dihasilkan, dengan sistem yang baru, dengan hasil yang lebih bagus dari sebelum-sebelumnya," tandasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut