get app
inews
Aa Read Next : Bacalon Bupati Garut Dudung Sudiana Penuhi Undangan PAMMI di Gelaran Seni dan Budaya

5 Tahun Memimpin Jabar, Kang Emil Revitalisasi Belasan Situ, Waduk, dan Saluran Multifungsi

Rabu, 23 Agustus 2023 | 20:11 WIB
header img
Gubernur Jabar Ridwan Beserta Istri Saat Menaiki Perahu di Objek Wisata Situ Bagendit Garut. Foto istimewa

BANDUNG, iNewsGarut.id – Sumber daya air di Jawa Barat tidak hanya berfungsi sebagai irigasi, pengendali banjir, maupun infrastruktur yang memenuhi kebutuhan masyarakat. Situ, waduk, dan saluran multifungsi di Jawa Barat itu kini bersalin rupa dan memesona dengan beragam fasilitas menarik.

Selama kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil-Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum, Pemda Provinsi Jabar sudah merevitalisasi 11 situ, 1 waduk, 2 embung, 2 saluran multifungsi, dan 1 breakwater hingga Agustus 2023. Tujuannya untuk memberikan nilai tambah sehingga bisa bermanfaat lebih banyak untuk masyarakat khususnya sektor pariwisata.

Teraktual adalah revitalisasi Situ Bagendit di Kabupaten Garut yang bersumber dari APBN. Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah melakukan soft launching Situ Bagendit hasil revitalisasi pada Senin (20/8/2023) kemarin.

"Alhamdulillah, hari ini kita melakukan namanya soft launching peresmian yang sifatnya menunggu arahan dari Bapak Presiden karena ini proyek yang dihibahkan oleh Presiden," ucap Ridwan Kamil dalam peresmiannya.

Dengan soft launching, berarti Situ Bagendit sudah bisa digunakan bagi warga sekaligus menjadi lokasi wisata lokal yang dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat dan pemerintah setempat. Selain tentunya dapat menghadirkan fungsi ekologis dan sosial bagi masyarakat sekitar. 

Kabid Konstruksi Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar Bambang Sumantri mengatakan program revitalisasi situ, waduk, dan saluran multifungsi akan terus berlanjut karena terbukti memberikan berbagai dampak positif.

Selain sebagai penyimpan air untuk keperluan irigasi, juga memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi warga setempat. 

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut