Logo Network
Network

Bupati Garut Utamakan Program Gerbang Cahayaku di Wilayah Perkotaan

Ii Solihin
.
Rabu, 19 Januari 2022 | 20:54 WIB
Bupati Garut Utamakan Program Gerbang Cahayaku di Wilayah Perkotaan
Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri kegiatan peresmian Gerakan Bangun dan Cegah Wilayah Kumuh (Gerbang Cahayaku)

GARUT, iNews.id – Bupati Garut, Rudy Gunawan hadiri kegiatan peresmian Gerakan Bangun dan Cegah Wilayah Kumuh (Gerbang Cahayaku) yang bertempat di Kelurahan Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (19/01/2022).

Dalam giat tersebut, Bupati Garut menyebutkan, program ini memerlukan 300 miliar, namun baru tersentuh sekitar 9 lokasi karena 1 lokasi bernilai 1 miliar.

"Ini anggarannya tadinya kalau tidak ada pandemi kami ini kan dulu sudah menganggarkan sekitar 20 miliar pertahun pada periode kami yang kedua, tapi ada efisiensi menjadi 5 miliar, padahal kami itu ingin ada anggaran sekitar 100 miliar dalam 5 tahun," papar Rudy.

Lebih lanjut, Rudy menuturkan, pihaknya utamakan program ini di daerah perkotaan dan juga nanti akan menyasar kawasan di pedesaan.

"Kita utamakan Gerbang Cahayaku itu adalah di perkotaan, dan di kawasan-kawasan padat lainnya di pedesaan, kayak di Cinunuk kan desa, program ini adalah juara 10 besar perencanaan terbaik di Indonesia di Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional),” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Garut, Ahmad Mulyana menerangkan, untuk saat ini yang akan dilaksanakan dalam tahun 2022 yaitu kegiatan pembangunan Prasarana Sarana dan Utilitas Umum (PSU), yang mana lokasinya tersebar di Kabupaten Garut.

Ia juga menyampaikan, program ini mudah-mudahan bisa terus berlanjut, karena memang menurut pimpinan program ini harus ada dilaksanakan setiap tahunnya.

"Oh ini mudah-mudahan, karena program ini dari pimpinan yang sangat sangat besar sekali semangatnya bahwa setiap tahun itu wajib dan mutlak harus ada program Gerbang Cahayaku di lingkungan Kabupaten Garut," terangnya.

Diakhir akhir pembicaraan, Ahmad berharap semoga dengan adanya program Gerbang Cahayaku penurunan kekumuhan di lingkungan pemukiman akan semakin teratasi dan masyarakat akan semakin menikmati Gerbang Cahayaku.

"Yang mana ini sangat diharapkan dan juga ditemukan oleh masyarakat untuk sarana pertemuan, sarana permainan dan sarana silaturahmi," pungkasnya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News

Bagikan Artikel Ini