get app
inews
Aa Read Next : Percepat Olah Lahan dan Tanam, Dinas Pertanian Garut Lakukan Pompanisasi

Kemenkominfo RI Sosialisasi Cegah Stunting di Limbangan Garut

Jum'at, 08 September 2023 | 14:40 WIB
header img
Kemenkominfo RI Sosialisasi Pencegahan Stunting di Kecamatan Limbangan, Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima

GARUT, iNewsGarut.id – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) memberikan sosialisasi dalam penanganan serta pencegahan stunting. Dimana Kominfo merupakan bagian dari program pemerintah dalam upaya pencegahan stunting di seluruh wilayah Indonesia.

Acara sosialisasi digelar di Aula Kecamatan Blubur Limbangan, Garut, Jawa Barat. Dengan menghadirkan narasumber yakni dari Kominfo RI, Dinas Kesehatan Garut, dan Unsur Pemerintah Setempat, Jum'at (8/9/2023).

Marroli J.Indarto selaku ketua tim Informasi dan Komunikasi Kesehatan Direktorat IKPMK Kemenkominfo kepada media mengatakan, Kementerian Kominfo ini merupakan bagian besar dari program pemerintah untuk kampanye penanganan stunting. Dimana, menurutnya, pihaknya ingin masyarakat Indonesia itu harus kompetitif.

"Ya kalau kena stunting itu ibaratnya kalau sebelum bertanding, karena dengan gizi buruk dan sebagainya, Nah ini merupakan komitmen pemerintah untuk mempersiapkan manusia -manusia Indonesia yang unggul, dan Kominfo merupakan bagian kampanye nasional stunting ini,"ungkapnya.

Menurutnya, Kominfo adalah koordinator kampanye nasional stunting yakni tahun depan ditargetkan Presiden Jokowi bahwa angka stunting secara nasional harus turun.

"Tahun depan ditargetkan Pak Presiden di angka 14 % turun, secara nasional sekarang ini di angka 21,6 %, dan kegiatan ini bagian dari pencegahan stunting yang sudah berjalan hampir di 180 kabupaten/kota supaya masyarakat banyak tau tentang stunting,"ujarnya.

Marroli menambahkan, Kominfo sendiri dalam mengkampanyekan stunting ini dilakukan dengan berbagai cara, dan untuk akses yang sulit dijangkau bekerja sama dengan Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan juga menggunakan media yang sampai ke masyarakat misalnya radio dan sebagainya.

"Segala cara sudah kita lakukan untuk mengkampanyekan stunting ini, misalnya bekerja sama dengan Pemerintah Desa, Kecamatan, tokoh-tokoh agama maupun masyarakat, dan media yang mudah di akses seperti radio,"bebernya.

Sementara Camat Limbangan Heri Hermawan menyambut baik langkah Pemerintah terkait dengan pencegahan stunting ini. Dirinya berharap dengan adanya kolaborasi dari instansi pemerintah dan stakeholder lainnya dapat memberikan input yang baik dari masyarakat dalam upaya mencegah stunting.

"Mudah-mudahan sosialisasi ini dapat tersampaikan ke masyarakat terutama untuk Desanya masing-masing, ini sangat bermanfaat, Insya Alloh Kecamatan Limbangan bebas dari stunting kedepannya sesuai dengan target pemerintah di tahun 2024 angka stunting harus mencapai 14 %,"tandasnya.

Kementrian Kominfo RI sebagai bagian koordinator kampanye pencegahan stunting tidak hanya cara sosialisasi ataupun dialog saja. Bahkan di puncak acara akan digelar Pesta Rakyat dengan Pagelaran Wayang Golek yang digelar di lapangan alun-alun Kecamatan Limbangan Jum'at malam nanti.

Sebagai bagian dalam upaya mengkampanyekan stunting terhadap masyarakat penanganan maupun pencegahannya.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut