get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Fakta Unik Gunung Guntur Garut, Disebut Miniatur Semeru

Sabtu, 09 September 2023 | 10:35 WIB
header img
Gunung Guntur Garut. (Foto : Instagram)

GARUT, iNewsGarut.id – Fakta unik Gunung Guntur Garut yang mungkin belum diketahui oleh sebagian orang khususnya para pecinta keindahan alam dan pegunungan.

Gunung Guntur berlokasi di Kelurahan Pananjung dan Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Gunung Guntur merupakan salah satu gunung yang seringkali menjadi tujuan pendakian para wisatawan, terutama pendaki yang berada di kawasan Garut dan sekitarnya.

Sebelumnya, pada tahun 2021 lalu pernah dikabarkan ada  seorang remaja yang hilang secara misterius di kawasan Gunung Guntur. Beruntung remaja tersebut berhasil ditemukan oleh petugas gabungan dalam keadaan selamat.

Meski demikian, Gunung Guntur Garut tetap menarik minat para pendaki karena pesona alamnya yang indah.

Berikut ini iNewsGarut.id merangkum fakta-fakta unik tentang Gunung Guntur Garut. Simak penjelasannya.

1. Gunung Berapi yang Masih Aktif

Gunung Guntur Garut memiliki ketinggian 2.249 meter di bawah permukaan laut (mdpl). Gunung Guntur merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Gunung ini meletus terakhir pada tahun 1841 dan pernah meletus sebanyak 23 kali.

2. Miniatur Gunung Semeru atau Semerunya Garut

Gunung Guntur sering disebut miniatur Gunung Semeru atau Semerunya Garut karena memiliki karakteristik medan yang mirip, seperti kerikil, bebatuan, dan pasir.

Dengan tekstur jalur yang seperti itu, Gunung Guntur juga rentan mengalami longsor.

3. Memiliki Empat Puncak dengan Pemandangan Indah

Gunung Guntur memiliki empat puncak, yakni Puncak Masigit, Puncak Guntur, Puncak Parupuyan, dan Puncak Kabuyutan.

Puncak Gunung Guntur menjadi salah satu tempat untuk menikmati pemandangan sunrise terbaik di Jawa Barat.

Pada malam hari, pendaki dapat melihat pemandangan indah dan kerlap kerlip lampu kota Garut dari ketinggian Gunung Guntur.

4. Padang Sabana yang Memukau

Gunung Guntur Garut memiliki sabana yang luas serta dipenuhi dengan ilalang. Pendaki bisa menikmati sunrise atau sunset dengan jelas di area ini.

Pada malam hari, gemerlap kota Garut terlihat indah dan memukau dari area sabana tersebut. Sabana ini menjadi salah satu spot favorit para pendaki.

5. Terpadat Air Terjun (Curug Citiis)

Selain keindahan alam pegunungan, di Gunung Guntur juga terdapat Curug Citiis, air terjun dengan aliran air yang jernih dengan hutan yang masih hijau menambah kesegaran udara di area sekitar.

6. Memiliki Dua Kaldera Besar

Gunung Guntur memiliki dua kaldera besar dan dalam, yakni Kaldera Pangkalan yang berada di bagian timur dan Kaldera Gandapura di bagian barat.

Dua kaldera ini membuat pemandangan dari Gunung Guntur menjadi lebih mempesona, udaranya pun jadi lebih menyejukkan.

7. Area Camp yang Luas

Di Gunung Guntur juga terdapat camp area yang luas, sehingga pendaki tidak perlu kesulitan mencari tempat untuk mendirikan tenda.

Namun, para pendaki juga harus teliti mencari tempat yang pas untuk mendirikan tenda, karena camp area di Gunung Guntur merupakan tanah dan berbatu.

Nah, itulah derertan fakta unik Gunung Guntur Garut yang mungkin saja bisa menjadi pengetahuan khususnya bagi para pendaki. Pastikan kalian sudah menyiapkan fisik, mental, dan peralatan jika ingin melakukan pendakian. Jangan lupa juga patuhi semua aturan dan protokol kesehatan agar selalu aman dan selamat. 

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut