get app
inews
Aa Read Next : Bacalon Bupati Garut Dudung Sudiana Penuhi Undangan PAMMI di Gelaran Seni dan Budaya

Ridwan Kamil Sebut 38.290 Unit Rutilahu di Jabar Telah Diperbaiki

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:39 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan bantuan rutilahu kepada warga di Desa Cibunar, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut

GARUT, iNews.id - Sebanyak 38.290 unit rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Jawa Barat telah diperbaiki sepanjang 2021. Jumlah Rutilahu ini terbagi dalam 1.232 desa dan kelurahan yang tersebar di 27 kabupaten/kota.

Hal itu terungkap dalam kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat mengunjungi beberapa titik Rutilahu yang telah rampung diperbaiki di Desa Cibunar, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut, Minggu (23/1/2022). Untuk wilayah Kabupaten Garut, Ridwan Kamil merinci bahwa jumlah Rutilahu yang telah diperbaiki selama 2021 mencapai 2.400 unit.

"Di Garut ada 2.400-an (unit) pada tahun lalu yang kita bantu. Insyaallah kita bantu lagi di tahun ini. Mudah-mudahan terasa langsung oleh masyarakat dari rakyat uangnya kembali ke rakyat," Kata Ridwan Kamil.

Dia menegaskan bahwa program perbaikan Rutilahu merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menyejahterakan warga. Gubernur menjelaskan, pemilihan rumah yang diperbaiki merupakan hasil aspirasi dari tingkat RT/RW, yang diseleksi menyesuaikan dengan kebutuhan paling mendesak.

"Proses pemilihan merupakan aspirasi dari bawah, untuk itu silakan ajukan kepada kepala desa (atau lurah) lewat RT dan RW nanti diseleksi sesuai jatahnya. Kalau belum dapat, mohon bersabar menunggu di tahun berikutnya," ucap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyebut program ini merupakan rasa sayang Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap warganya, yang bisa menjadi kabar bahagia selama pandemi COVID-19. Menurutnya, setiap tahun Pemerintah Provinsi Jawa Barat selalu menganggarkan dana untuk Rutilahu.

Namun, dia mengakui jika pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu, membuat Provinsi Jawa Barat mengalami sedikit kendala dari segi ketersediaan jumlah dana.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut