get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Dinkes Garut : Diduga Keracunan Sate Jebred Total Sebanyak 27 Orang Dua Meninggal Dunia

Rabu, 11 Oktober 2023 | 07:25 WIB
header img
Bupati Garut Rudy Gunawan Saat Mengunjungi Korban Diduga Keracunan Sate Jebred. Foto istimewa

GARUT, iNewsGarut.id – Dinas kesehatan (Dinkes) Garut terus melakukan langkah investigasi atas kasus diduga keracunan massal setelah mengkonsumsi sate jebred di wilayah Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya yang dilaporkan pada Senin 9 Oktober 2023 kemarin.

Hasil investigasi di lapangan, Dinkes Garut menyatakan dari malam sampai dengan Kamis (10/10/2023) pukul 15.00 WIB, mendapatkan 27 kasus diduga keracunan makanan atau pangan. Dimana diantaranya yang masih menjalani rawat inap itu berdasarkan di dua lokasi atau dua kabupaten yakni yang Kecamatan Cigalontang Tasikmalaya dan Kecamatan Cilawu Garut.

"Yang dirawat inap di Puskesmas Cilawu itu ada dua orang, kemudian yang dari Cigalontang ada 4 orang, jadi totalnya ada 6 orang yang dirawat di Puskesmas Cilawu,"kata Kabid P2P Dinkes Garut dr. Asep Surachman kepada iNewsGarut.id.

Kemudian, Asep menuturkan, yang dirawat di klinik Cihideung itu ada 5 orang semua berasal dari Kecamatan Cilawu Garut. Dan, lanjut Asep, dari 7 orang asal Cilawu itu satu orang dinyatakan meninggal dunia karena memiliki riwayat penyakit lainnya.

"5 orang dirawat di klinik Cihideung semua asal Cilawu, satu dinyatakan meninggal dunia, kemudian asal dari Kecamatan Cigalontang yang dirawat di Puskesmas Cilawu ada 4 orang satu diantaranya sama meninggal diperjalanan saat akan di rujuk ke rumah sakit Tasikmalaya,"tuturnya.

Asep menjelaskan, rata-rata yang diduga keracunan itu usianya sekitar 25-30 tahun atau 33 persen itu diatas 26 tahun. Bahkan, imbuhnya, ada juga lansia itu yang meninggal dunia.

"Untuk usia dirata-ratakan sekitar 25-30 tahun, tapi ada satu lansia yang meninggal dunia,"ucapnya.

Untuk penyebab, Asep mengatakan, ini masih berbicara baru dugaan dari informasi yang pihaknya tanyakan 27 orang tersebut dengan gejala yang sama ada muntah, pusing, menggigil, dan sakit perut yang melilit sangat kuat.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut