get app
inews
Aa Read Next : Menang Atas PSAB Aceh Besar, Peluang Persigar Garut Lolos ke 32 Besar

Siap-siap, Transformasi Televisi Analog ke Digital Segera Diterapkan di Garut

Selasa, 25 Januari 2022 | 19:19 WIB
header img
Workshop Periskop Media Bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, Pemanfaatan Siaran Digital Oleh Masyarakat Untuk Menumbuhkan Konten Berkualitas, yang dilaksanakan di Aula Universitas Garut

GARUT, iNews.id Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meminta  masyarakat  harus siap dengan  transformasi televisi analog ke digital. Transformasi yang disebut sebagai Analog Switch Off (ASO) ini, kata Helmi, akan segera diterapkan di Garut dalam waktu dekat.

 

“Ya harus siap, karena kan siap nggak siap ini kan berjalan. Makanya melalui workshop ini saya ucapkan terima kasih, karena untuk mempersiapkan itu (TV digital), dan mudah-mudahan ada rekomendasi kira-kira apa yang harus kita lakukan kalau dari pemerintah daerah,” ujar Wabup Garut, usai membuka acara Workshop Periskop Media Bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat (Jabar) di Aula Universitas Garut, Jalan Raya Samarang Nomor 52A, Kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (25/01/2022).

 

Menurutnya, peralihan televisi analog ke digital memerlukan persiapan yang cukup terencana dan terprogram. TV digital ini, kata dia, memiliki banyak kelebihan dan harus bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat maupun pemerintah daerah.

 

“Jadi ini workshop ini sangat bagus yah, bagaimana menyiapkan generasi kita terus sama generasi milenial untuk menjawab tantangan peralihan dari TV analog ke  TV digital. Ini memerlukan persiapan-persiapan yang cukup terencana ya, (serta) terprogram,” tuturnya.

 

Berkaitan dengan peralihan tersebut, lanjut Helmi Budiman, sebetulnya pemerintah pusat telah menyiapkan Set Top Box  (STB)  gratis sebagai alat penunjang TV analog ke digital. Namun, pihaknya saat ini belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait dengan bantuan STB bagi masyarakat kurang mampu tersebut.

 

Adapun acara yang diinisiasi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Periskop Media ini bertema Pemanfaatan Siaran Digital Oleh Masyarakat Untuk Menumbuhkan Konten Berkualitas. Sebanyak 102 orang tercatat sebagai peserta workshop.

 

Mereka berasal dari beberapa siswa perwakilan sekolah, perwakilan LPM sejumlah kampus di Garut, serta Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Garut. Workshop menghadirkan dua pemateri, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Garut, Muksin, serta Koordinator Bidang Kelembagaan KPID Jabar, Roni Tabroni.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut