get app
inews
Aa Read Next : Tiga Pelaku Curanmor Berhasil Diringkus Satreskrim Polres Garut

Puluhan Warga Desa Pasirwaru Garut Antusias Ikuti Skrining Katarak

Rabu, 15 November 2023 | 19:07 WIB
header img
Warga saat dilakukan skrining oleh tim indera Puskesmas Limbangan Garut. Foto iNewsGarut.id/Hendrik Prima.

GARUT, iNewsGarut.id – Skrining adalah suatu proses pemeriksaan atau penilaian kesehatan secara rutin untuk mendeteksi risiko penyakit tertentu. Jenis pemeriksaan / skrining kesehatan yang dilakukan antara lain pemeriksaan fisik (tinggi badan, berat badan, IMT / status gizi), skrining penyakit tidak menular (pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol), skrining penyakit menular (TBC), Skrining risiko kehamilan pada PUS, Gangguan Indra (pendengaran, Penglihatan) dan lainnya.

Seperti halnya puluhan warga Desa Pasirwaru, Kecamatan Limbangan, Garut, Jawa Barat, antusias skrining katarak yang dilaksanakan oleh tim indera dari Puskesmas Limbangan, yang bertempat di gor Desa setempat, Rabu (15/11/2023).

Iwan Kamaludin penanggung jawab tim indera melihat dan sangat mengapresiasi antusias masyarakat Desa Pasirwaru yang mengikuti pemeriksaan atau skrining katarak yang dikhususkan dari peserta penyakit tidak menular atau PTM.

"Alhamdulillah antusias masyarakat begitu tinggi mengikuti skrining ini, ada sekitar 50 lebih yang menjadi peserta pada kegiatan ini,"ungkapnya.

Dikatakannya, langkah ini sebagai persiapan untuk pelaksanaan operasi katarak yang akan diselenggarakan bulan Desember nanti oleh Puskesmas Limbangan, " Ya ini juga sebagai langkah awal Kami untuk persiapan penyelenggaraan operasi katarak di bulan Desember nanti,"ujarnya.

Untuk sasaran dalam skrining ini, imbuhnya, sebenarnya usia biasanya yang katarak itu lansia diatas umur 50 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan dibawah umur 50 tahun pun bisa.

"Ya katarak biasanya di usia 50 tahun, tapi bisa juga dibawah umur tersebut,"imbuhnya.

Kata Iwan, pihaknya pun akan intens melakukan kegiatan skrining ini dengan mendatangi desa-desa melakukan pendataan bekerjasama dengan kader-kader yang ada di Desa tersebut.

"Warga di 8 Desa sudah kita lakukan skrining, dan akan intens bergerak ke semua Desa khususnya di wilayah kerja Puskesmas Limbangan,"katanya.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut