get app
inews
Aa Read Next : Demokrat Dapil II Sambut Kedatangan Dudung Sudiana Bacalon Bupati Garut

Kementrian PPPA RI Verifikasi Lapangan PUG di Garut

Sabtu, 18 November 2023 | 08:21 WIB
header img
Pelaksanaan verifikasi lapangan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Garut yang berlangsung di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Garut. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) melaksanakan verifikasi lapangan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Garut. Acara tersebut berlangsung di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Garut, Jumat (17/11/2023).

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menyatakan bahwa penilaian PUG memberikan semangat untuk meningkatkan pengarusutamaan gender di Kabupaten Garut. 

"Kemarin kita mendapatkan penilaian utama, mudah-mudahan kita jadi mentor nanti di hasil penilaian ini," ucap Wakil Bupati Garut.

Wabup Garut mengungkapkan, dalam verifikasi lapangan ini terdapat beberapa indikator yang dinilai. Maka dari itu, dirinya meminta agar seluruh stakeholder terkait untuk fokus terhadap indikator yang sudah ditetapkan. Menurut Wabup Garut, saat ini pengembangan PUG di Kabupaten Garut sudah luar biasa.

Wabup Garut menyoroti keberhasilan pengembangan PUG di Kabupaten Garut, termasuk kelembagaan, akses perempuan, dan kesempatan bagi kaum perempuan."Kaum perempuan ketika diberikan jalan dan akses, mereka bisa berprestasi," tambahnya

Perwakilan Kementerian PPPA, Fikhi Akbar, dalam verifikasi lapangan ini pihaknya berfokus pada aspek pelembagaan, penyelenggaraan PUG, dan inovasi di Kabupaten Garut. Meskipun regulasi dan kebijakan di Kabupaten Garut dinilai tinggi, Fikhi menyoroti kekurangan dalam penyelenggaraan, terutama terkait output dan outcome.

"Untuk pelembagaan kita lihat dari regulasi kebijakannya, tapi kalau untuk Kabupaten Garut karena sudah Perda itu paling tertinggi, nilai sudah dibilang sudah maksimal," ucap Fikhi.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut