get app
inews
Aa Read Next : Sebelum Diamankan Polisi, Curanmor di Limbangan Garut Sempat Dihakimi Massa

Bupati Garut Harap TAGANA Jadi Garda Terdepan Dalam Penanganan Bencana

Sabtu, 25 November 2023 | 11:59 WIB
header img
Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Garut. Foto istimewa.

GARUT, iNewsGarut.id – Bupati Garut berharap TAGANA menjadi garda terdepan dalam penanganan masalah bencana. Hal itu Dia katakan dalam arahannya dihadapan peserta Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Garut di Perkemahan Cibeureum, Kecamatan Samarang, Jum'at (24/11/2023).

"TAGANA diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam penanganan masalah kebencanaan,"harap Rudy.

Rudy menyampaikan pentingnya mempersiapkan tenaga TAGANA yang profesional, apalagi Garut dihadapkan pada berbagai potensi bencana.

"Kabupaten Garut memiliki ancaman potensi bencana yang lengkap, dimulai dari gunung berapi, bencana hidrometeorologi, dan tsunami," ungkapnya.

Bupati menekankan pentingnya pengetahuan dalam mengatasi dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh mereka yang terdampak akibat bencana.

Dalam kesempatan tersebut, Rudy juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik jika terjadi bencana dan selalu ikuti prosedur yang diinstruksikan oleh petugas baik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Dinas sosial Garut, maupun dari Badan SAR.

"Kepanikan akan membuat kita semakin tidak memberikan harapan untuk dapat tertolong. Tapi kalau tenang semua pada saatnya akan ada bantuan dalam bentuk rescue ya," lanjutnya.

Dalam acara tersebut, Bupati memberikan penghargaan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang mengikuti graduasi.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut