get app
inews
Aa Read Next : Viral Sepasang Lansia Penjual Kandang Ayam, Anggota DPRD Garut Berikan Bantuan

Fakta Ikan Buntal, Pemancing: Hati-hati Beracun

Senin, 11 Desember 2023 | 17:03 WIB
header img
Ikan Buntal di Pantai Sayang Heulang, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut. Foto iNewsGarut.id/Indra Sanajaya

GARUT, iNewsGarut.id – Salah satu fakta ikan buntal yang paling dikenal adalah beracun. Bahkan, racun pada ikan yang juga disebut ikan fugu ini tergolong ke dalam salah satu jenis racun alami yang paling mematikan di dunia.

Karena beracun, ikan buntal yang terjerat di jaring nelayan atau kail pemancing langsung dikembalikan ke habitatnya, itu pun harus hati-hati jangan sampai kena durinya.

Pantauan iNewsGarut.id di Pantai Sayang Heulang, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Senin, (11/12/2023) pagi. Nampak seorang pemancing sedang melepaskan kail pancinganya dari sebuah ikan besar dan berduri.

"Ikan ini beracun, namun ikan ini memiliki keunikan selain gendut ikan ini juga memiliki duri dan perutnya besar. Jadi bisa menggembung," ujar Hamid seorang pemancing menjelaskan.

Ikan buntal itu yang berbahaya durinya. Jika kena durinya, badan kita akan barentol (bentol-bentol) Kalau tidak lekas diobati, bisa menjalar kemana-mana.

"Karena racunnya itu, ikan ini lebih baik dikembalikan ke lautan. Para nelayan dan pemancing disini ketiaka mendapatkan ikan buntal memilih melepaskannya kembali agar kembali hidup di lautan lepas.

Editor : ii Solihin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut