get app
inews
Aa Read Next : Dapat Dukungan Dari 39 Kecamatan, Aceng Fikri Maju Pilkada Garut 2024 Jalur Independent

Cegah penyebaran Hoaxs di Wilayah Garut, Diskominfo Bentuk Tim Gasax

Rabu, 13 Desember 2023 | 15:07 WIB
header img
warga Garut kroscek link berita di grup Media Sosial (Medsos). Foto iNewsGarut.id/Indra Sanjaya.

GARUT, iNewsGarut.id – Guna menangkal penyebaran hoaxs di Media Sosial (Medsos), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) membentuk tim Garut Saber Hoaxs (Gasax).

Tim ini akan bekerja sebagai katalisator atau akselerator kampanye literasi digital di era gempuran teknologi informasi, sebagai tim pemantau isu lokal, dan juga sebagai tim verifikator isu atau rumor yang belum jelas fakta-faktanya.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Garut Yeni, Yunita, ia mengatakan langkah dari Diskominfo Garut untuk pencegahan penyebaran berita hoaxs telah meluncurkan aplikasi.

"Kami ada disini Garut Super Hoaxs (Gasax) bersama dengan Jawa Barat (Jabar) Suoper Hoaxs. Dimana kita menghimpun berita-berita dan informasi yang akurat dan sudah terkonfirmasi kepada rekan-rekan kita di Jabar Super Hoaxs," katanya, Rabu (13/12/2023).

Pihaknya pun melakukan kroscek tentang kebenaran informasi-informasi tersebut dengan konfirmasi kepada narasumber pembuat atau penyebar informasi tersebut.

"Kita akan berikan informasi yang tentu saja jelas dari sumbernya langsung. Sampai saat ini tidak ada keluhan bahkan masyarakat  mengapresiasi terkait Media Sosial (Medsos) yang dimiliki Pemda Garut yaitu Garut Super Hoaxs," pungkas Yeni.

Editor : ii Solihin

Follow Berita iNews Garut di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut